Thursday, May 24, 2018

makalah praktek kerja industri bengkel motor

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. LATAR BELAKANG

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spriritual keagamaan,pengendalian diri,kepribadian,kecerdasan,ahlak mulya,serta keterampilan yang di perlukan dirinya dan masyarakat.Salah satu usaha dalam melaksanakan pendidikan adalah adanya sekolah, dan hal ini adalah SMK .
Sekolah menengah Kejuruan adalah sebuah lembaga pendidikan menengah atas , yang memiliki kegiatan-kegiatan bidang pendidikan yang mengarah kepada keterampilan dan penguasaan ilmu pengetahuan dibidang kejuruan yang bertujuan agar siswa dapat memiliki keterampilan dan keahlian untuk memasuki dunia usaha industri atau dunia kerja.
Maka dari itu , setiap sekolah menengah kejuruan dianjurkan untuk melakukan praktek kerja industry (PRAKERIN) untuk memperkenalkan siswa pada dunia kerja yang nyata, juga untuk mempersiapkan siswa agar dapat bersaing didunia industri.Karena prakerin merupakan salah satu bentuk emplementasi secara sistematis dan sinkron atas program pendidikan disekolah dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegian kerja secara langsung didunia kerja untuk mencapai tingkat keahlian tertentu.
Dunia kerja yang sekarang telah berkembang adalah dunia industri dibidang otomatif seperti bidang jasa perbaikan ,dan perawatan (service) pada kendaraan.oleh karena itu, siswa lulusan jurusan teknik sepeda motor (TSM) di SMK sangatlah di butuhkan oleh dunia industri.Salah satu industri dibidang otomotif adalah Rafi Jaya Motor.

1.2. RUMUSAN MASALAH
A. Apa itu sistem suspensi depan motor?
B. Apa saja yang terdapat pada kerusakan yang terdapat pada suspense depan motor?
C. Apa factor-faktor terjadinya kerusakan suspensi depan dan bagaimana cara menanganinya?

1.3. IDENTIFAKASI MASALAH
a) Apa Itu Sistem Suspensi Depan Motor
Sistem suspensi dirancang untuk menahan getaran akibat benturan roda dengan kondisi jalan. Selain itu, sistem suspensi juga diharapakan mampu untuk membuat lembut saat sepeda motor menikung, sehingga mudah dikendalikan. Dengan system suspensi juga, getaran akibat kerja mesin dapat diredam.

FUNGSI SISTEM SUSPENSI
          Secara umum system suspensi memiliki 3 fungsi yaitu seperti berikut :  
1.  Mengurangi getaran akibat kerja mesin,
2.  Mengurangi getaran akibat permukaan jalan yang tidak rata,
3.  Sebagai penyetabil kendaraan saat menikung
B. Apa Saja Yang Terdapat Pada Kerusakan Yang Terdapat Pada Suspense Depan Motor
1. Kebocoran oli suspensi depan motor
2. Kenyamanan suspensi depan motor pada jalan yang rusak
3. Kurangnya kesetabilan antara kedua sock suspensi depan motor
C.Apa Factor-Faktor Terjadinya Kerusakan Suspensi Depan Dan Bagaimana Cara Menanganinya?
1. Pemakaian sepeda motor yang kurang baik sehingga menimbulkan kerusakan pada suspense depan motor
2. Kurangnya perawatan dan penyervisan suspensi depan sepeda motor
3. Kurangnya kesetabilan pada sistem suspensi depan sepeda motor
1.4.TUJUAN PENULISAN LAPORAN PRAKERIN
A. Tujuan Umum
a) Untuk melatih kemampuan diri dalam memahami,menyimpulkan,dan mengembangkan pengetahuan yang didapat didunia industry saat prakerin dalam bentuk laporan tertulis
b) Untuk memperoleh pengalaman penyusunan laporan sesuai dengan ketentuan
c) Untuk memenuhi salah satu syarat mengikuti sidang prakerin dan salah satu syarat unutk mengikuti ujian nasional.
d) Bukti nyata bahwa siswa telah melaksanakan prakerin
B.Tujuan Khusus
a) Miningkatkan status dan kepribadian siswa
b) Memperluas keterampilan siswa dan mengembangkan kreatifitas sesuai dengan bakat dan minat masing-masing.
c) Memberikan pengalaman kerja yang sesungguhnya sehingga mampu berinteraksi,berkomunikasi dan memiliki rasa tanggung jawab serta disiplin yang tinggi
d) Untuk memberikan laporan kegiatan siswa selama PRAKERIN di industri kepada pihak sekolah
e) Untuk melatih siswa menulis laporan secara ilmiah

1.5.METODE PENULISAN
Untuk menyusun laporan ini saya berusaha untuk mengumpulkan informasi profil perusahaan atau instansi dan hal-hal yang berhubungan dengan otomotif dan data-data yang diperoleh dari hasil prakerin terdapat pembimbing dan staf karyawan baik berupa informasi suatu instansi maupun hal-hal yang berhubungan dengan otomotif.

1.6.KAJIAN TEORI
A.Cara Memperbaiki Suspensi Shock Depan Motor Di  Bengkel Rafi Jaya Motor


Salah satu jenis kerusakan yang sering terjadi pada komponen shock ini adalah kerusakan seperti kebocoran oli,shock yang keras dan lain sebagainya.akibatnya jika shock depan motor rusak p[astinya motor tidak akan enak atau nyaman dibawa berkendara ataupun buat keperluan lainnya.Biasanya, penyebab oli bocor dikarenakan oleh steal shock yang sobek , bias juga karena memang sudah factor umur, menghantam lubang pada saat kecepatan tinggi,dan lain sebagainya,maka disarankan berkendara dengan kondisi normal akibatnya dari hal tersebut bias mengakibatkan shock menjadi keras,dan timbul bunyi kasar di bagian depan pada saat melintas dijalan yang rusak

a) Bagian-bagian Konstruksi sistem suspensi depan Motor

Berikut ini adalah  komponen dari shockbreker depan sepeda motor Honda:

1. Slider Garpu: adalah rumah atau casing dari semua komponen shockbreker  depan. Slider garpu juga sebagai wadah dari minyak shockbreker.
2. Sil Oli: berguna untuk menjaga minyak shock tidak keluar dari Slider garpu.
3. Cincin stopper: berguna untuk menahan agar sil oli tidak bergerak ke atas, akibat adanya tekanan dari minyak shock.
4. Sil debu: berguna untuk menjaga agar debu tidak masuk ke dalam slider garpu. Sebab debu dapat membuat tabung garpu menjadi lecet atau aus.
5. Tabung garpu : berguna untuk membuat sekat atau ruang antara slider garpu dan ruang di dalam tabung garpu tersebut. Hal ini disebabkan shockbreker honda menggunakan tipe twin tube ( dua tabung).
6. Torak garpu: berfungsi sebagai piston yang membagi ruang antara di bawah torak garpu dan di atas torak garpu. Sehingga minyak shock berpindah dari ruang di bawah torak garpu menuju ruang di atas torak garpu, demikian sebaliknya. Hal ini bertujuan untuk meredam gaya oksilasi  dari pegas garpu dan pegas reaksi.
7. Pegas reaksi: berguna menerima atau meredam kejutan dari roda. Pegas ini yang pertama kali menerima kejutan dari roda akibat jalan yang tidak rata.
8. Pegas garpu : berguna untuk menahan gerak torak ke atas. Pegas garpu ini juga meredam kejutan, tapi setelah menerima gaya dari torak garpu. Gaya yang dimaksud adalah kejutan akibat sentuhan roda ke jalan yang tidak rata.
9. Baut garpu : berguna menutup lubang di atas torak garpu, sehingga minyak shock tidak keluar dari shockbreker. Biasanya di baut garpu terdapat ring sil oli.

B.Peralatan Yang Di Butuhkan
Adapun peralatan atau bahan tersebut diantaranya :
Oli khusus shock
Seal shock baru
As shock baru ( jika memang diperlukan)
Wadah untuk oli bekas
Kunci L
Kunci as roda dan segitiga
Bensin atau solar
Sabun
Air
C.Langkah Pembongkaran Shock Depan
1. Tempatkan terlebih dahulu motor ditempat yang aman,lalu berikutnya lepas roda bagian depan
2. Setelah itu lepas spakbor untuk memudahkan proses pekerjaan.
3. Selanjutnya kendorkan baut L yang berada di bagian bawah shock .Agar posisinya tidak berputar,gunakan as roda sebagai penahannya.
4. Selanjutnya,buka bagian tutup atas shock dengan cara mengendorkan terlebih dahulu bautnya,kemudian congkel bagian atas ringnya sampai tutup shock tersebut bias terlepas
5. Lanjutkan dengan mengendorkan baut segitiga lalu congkel agar melepaskan shock , lalu lepaskan shock nya.
6. Sebelum membuka baud bentuk L yang berada di bawah shock roda lalu siapkan terlebih dahulu wadah untuk membuang bekas oli shock agar tidak berceceran dilantai
7. Langkah yang terakhir , buka penutup atas shock dan selanjutnya kelangkah pembersihan shock, agar gasil penggantian oli berhasil dengan maksimal dan kerusakan pada shock dapat terdeteksi


D.langkah pemeriksaan shock bagian depan
1. Langkah pertama dilakukan adalah dengan langkah awal pembersihan komponen-komponen shock dengan menggunakn bengsin yang tadi sudah disiapkan.Lakukan proses pembersihan ini secara menyeluruh pada semua bagian,agar terlihat dengan jelas bagian shock mana yang rusak dan harus diperbaiki .tetapi khusus untuk karet seal lebih baik membersihkannya dengan menggunakan air detergen atau air sabun.
2. Langkah kedua setelah shock bersih, lakukanlah pemeriksaan pada bagian yang rusak yang terdapat pada shock tersebut, jika menemukan shock motor mati , maka cukup dengan mengganti oli saja, dan bila diperlukan ganti saja bagian seal shock tersebut
3. Langkah ketiga,apabila menemukan shock mengalami kebocoran,itu artinya seal shock sudah rusak, caranya mengganti sealnya dengan seal yang baru.setelah itu periksa as roda jika menemukan kondisi as shock tersebut baret, maka jalannya harus melakukan penggantian yang baru

E.langkah perakitan shock depan
Cara memperbaiki shock depan motor berikutnya yakni melakukan perakitan shock.Hal ini akan menentukan apakah shock masih bisa dilepas pastinya merakitnya sama seperti kondisi awal agar tidak terjadi masalah yang lainnya tetapi per shock dan tutup atas shock tidak dilepas kembali.
Setelah merakit,isi kembali oli yang dirancang khusu untuk shock yang sesuai spesifikasi serta takaran yang standar
Kemudian barulah memasang per shock yang tadi belum di pasangkan, kemudian pasangkan kembali shockbreaker kebentuk segitiga
Pasangkan kembali spakbor dan roda sama seperti sebelum mencopotnya.Pastikan terpasang sesuai dengan langkah awal.


1.7.TEMPAT DAN WAKTU
Kegiatan Prakerin yang saya lakukan bertempat di Rafi Jaya Motor yang beralamat di jalan Raya Ciater Gang Bung RT.09 rw.02 Desa Ciater Kec.Ciater Kab.Subang. Waktu pelaksanaanya di mulai dari tanggal 4 Desember 2017 S/D 28 Februari 2018 dari pukul 7.30 S/D pukul 16.00 wib.


BAB II


2.1.PROFIL PERUSAHAAN



Bengkel Rafi Jaya Motor atau biasa di kenal dengan sebutan RJM mulai berdiri pada tahun 2000 di desa Ciater .
Nama bengkel diambil sesuai dengan nama anaknya yaitu Rafi dan nama pemiliknya sendiri yaitu Eef  Supriatna Wis Jaya S.Par,kalau kita lihat dari latar belakang pendidikan beliau yang di tekuni dan bidang usaha yang di jalanai sekarang sangatlah bertolak belakang.
Tetapi semenjak sekolah beliau sudah senang dengan otomotif.

Nama : Rafi Jaya Motor
Alamat : Gg.Bunga Rt.09 Rw .02 Ciater Subang
Jenis Usaha : Bengkel Motor
Tahun Berdiri : 2000
Omset / Bulan : 30-50 Juta

2.2.Profil Owner

Nama :  Eep Supriatna
Tempat Tanggal Lahir :  04.Januari 1973
Agama :  Islam
Pendidikan Terakhir :  Lulusan Sarjana Ekonomi Pariwisata
                                                               Caktripa-Bandung

                                                                                 Direktur / Kepala
                                                INSTANSI / PT / CV / RJM



       EEP SUPRIATNA
BAB III
PAMBAHASAN


Sistem suspensi dirancang untuk menahan getaran akibat benturan roda dengan kondisi jalan. Selain itu, sistem suspensi juga diharapakan mampu untuk membuat lembut saat sepeda motor menikung, sehingga mudah dikendalikan. Dengan system suspensi juga, getaran akibat kerja mesin dapat diredam.

FUNGSI SISTEM SUSPENSI

Secara umum system suspense memiliki 3 fungsi yaitu seperti berikut :    
1.     Mengurangi getaran akibat kerja mesin,
2.  Mengurangi getaran akibat permukaan jalan yang tidak rata,
3.    Sebagai penyetabil kendaraan saat menikung

Dari hal yang saya dapatkan kebanyakan kerusakan yang sering terjadi,disistem suspensi depan motor yaitu Kebocoran oli akibat seal shock yang sobek atau yang sudah aus karena umur pakai yang sudah lama,kebocoran oli shock akibat baretnya batang fork pife disebabkan sedikitnya oli shock akibat kebocoran tersebut.Masalah lain yaitu kerasnya sespensi depan bila motor bagian depan ditekankan kebawah sistem suspensi depan teras keras biasanya masalah tersebut disebabkan oleh banyaknya penggunaan oli shock yang berlebihan. Bengkoknya as roda depan, dan bias disebabkan oleh bengkoknya segitiga motor akibat kecelakaan dan sebagainya.
Itulah hal-hal yang saya tau kali ini di saat PRAKERIN di bengkel Rafi Jaya Motor selama 3 bulan.



BAB IV


4.1. KESIMPULAN

Dari hasil pelaksanaan prakerin yang di laksanakan di Bengkel Rafi Jaya Motor selama 3 bulan dan saya menarik kesimpulan bahwa dalam melaksanakan prakeri ini saya mendapat pengalaman baru, yang tidak saya dapatkan di sekolah.
Selama saya melaksanakan prakerin,saya mendapat pengalaman dalam bekerja dilapangan , serta pengalaman untuk menyesuaikan diri didalam dunia kerja, selain itu menambah wawasansaya tentang dunia otomotif yang sesungguhnya.

4.2.SARAN
Penulis menyarankan agar para teknisi tetap menjaga dan meningkatkan kedisiplinan dalam bekerja,serta menjaga dan merawat alat perkakas dengan baik,sehingga bisa berumur panjang atau awet
Dan kepada pihak sekolah penulis menyarankan agar guru pembimbing harus sering mengobrol siswa dalam melaksanakan kegiatan prakerin,dan kepada adik-adik di sarankan untuk lebih giat lagi dalam belajar,guna mempersiapkn diri untuk menghadapi pelaksanaan prakerin nanti.

DAFTAR PUSTAKA



Otomotif sepeda motor tahun 2005, sistem kerja suspensi depan sepeda motor, teknologi dan rekysa.
Sumber:
http://totalotomotif.com/pemeriksaan-sistem-suspensi-sepeda-motor/


ABSTRAK


Agenda kegiatan penulis ditempat PRAKERIN , yaitu di bengkel Rafi Jaya Motor, yang di mulai sejak tanggal 2 Desember 2017 sampai dengan 28 Februari 2018 secara garis besar dapat di selesaikan dengan baik dan tuntas.
Adapun pekerjaan rutis setiap hari kerja pegawai, terhitung mulai dari hari senin sampai hari minggu. Untuk menunjang kemampuan terhadap konsep PRAKERIN, penulis telah malaksanakan apa yang di tugaskan oleh bengkel, dan penulis mendapatkan pengalaman yang belum didapatkan sebelumnya.
Secara garis besar, tugas-tugas yang dilaksanakan penulis di tempat PRAKERIN :
1. Memperoleh pengalaman yang mencakup perbaikan suspensi depan motor .
2. Mendapat pelajaran bekerja mandiri,bekerja dalam satu team dan mengembangkan potensi dan keahlian.
3. Mengetahui berbagai macam suku cadang merek motor, mengetahui cara perbaikan-perbaikan sepeda motor , mengetahui keinginan client dan lain-lain.
4. Mengetahui lebih dalam bagian-bagian , fungsi, prinsif dasar,cara kerja,dan perawatan khususnya dalam perbaikan suspensi depan motor.

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. LATAR BELAKANG

Dunia kerja yang sekarang telah berkembang adalah dunia industri dibidang otomatif seperti bidang jasa perbaikan ,dan perawatan (service) pada kendaraan.oleh karena itu, siswa lulusan jurusan teknik sepeda motor (TSM) di SMK sangatlah di butuhkan oleh dunia industri.Salah satu industri dibidang otomotif adalah Rafi Jaya Motor.
Di bengkel Rafi Jaya Motor saya membahas bagaimana perbaikan suspensi depan motor. Disana saya mendapat pengalaman bagaimana caranya memperbaiki suspensi depan motor. Pada dasarnya suspensi depan motor dirancang untuk menyetabilkan kendaraan supaya nyaman dipakai saat berkendara.
Suspensi depan motor sangatlah penting dikendaraan bermotor karena suspensi depan motor merupakan salah satu sistem yang berperan sebagai penyetabil getaran yang diakibatkan oleh kerja mesin, penyetabil kendaraan bermotor saat di tikungan, mengurangi getaran akibat permukaan jalan yang tidak rata. Kerusakaannya pun beragam yang terdapat di suspensi depan motor. Di bengkel Rafi Jaya Motor ini saya mendapat berbagai keluhan kerusakan motor salah-satunya yaitu suspensi depan motor. Disana saya mendapat pengalaman yang sangat bermanfaat bagi saya. Lebih menambah wawasan dan ilmu yang saya dapat dari bengkel Rafi Jaya Motor.

1.2. RUMUSAN MASALAH
1. Apa itu sistem suspensi depan motor?
2. Apa saja yang terdapat pada kerusakan sistem suspensi depan motor?

1.3. TUJUAN PENULISAN LAPORAN PRAKERIN
1. Untuk melatih kemampuan diri dalam memahami,menyimpulkan,dan mengembangkan pengetahuan yang didapat didunia industry saat prakerin dalam bentuk laporan tertulis.
2. Untuk memperoleh pengalaman penyusunan laporan sesuai dengan ketentuan.
3. Untuk memenuhi salah satu syarat mengikuti sidang prakerin dan salah satu syarat unutk mengikuti ujian nasional.
4. Bukti nyata bahwa siswa telah melaksanakan prakerin.
5. Mengetahui lebih dalam tentang sistem kerja suspensi depan motor.
6. Lebih mengetahui bagaimana cara-cara perbaikan dalam menangani kerusakan yang terdapat dalam suspensi depan motor.

1.4. METODE PENULISAN
Untuk menyusun laporan ini saya berusaha untuk mengumpulkan informasi profil perusahaan atau instansi dan hal-hal yang berhubungan dengan otomotif dan data-data yang diperoleh dari hasil prakerin terdapat pembimbing dan staf karyawan baik berupa informasi suatu instansi maupun hal-hal yang berhubungan dengan otomotif.

1.5. KAJIAN TEORI

Pengertian Sistem Suspensi Depan Motor
Sistem suspensi dirancang untuk menahan getaran akibat benturan roda dengan kondisi jalan. Selain itu, sistem suspensi juga diharapakan mampu untuk membuat lembut saat sepeda motor menikung, sehingga mudah dikendalikan. Dengan sistem suspensi juga, getaran akibat kerja mesin dapat diredam.

Fungsi  Sistem Suspensi
Secara umum sistem suspensi memiliki 3 fungsi yaitu seperti berikut :    
1. Mengurangi getaran akibat kerja mesin,
2. Mengurangi getaran akibat permukaan jalan yang tidak rata,
3. Sebagai penyetabil kendaraan saat menikung.

Berikut ini adalah  komponen dari shockbreker depan sepeda motor Honda:

1. Slider Garpu: adalah rumah atau casing dari semua komponen shockbreker  depan. Slider garpu juga sebagai wadah dari minyak shockbreker.
2. Sil Oli: berguna untuk menjaga minyak shock tidak keluar dari Slider garpu.
3. Cincin stopper: berguna untuk menahan agar sil oli tidak bergerak ke atas, akibat adanya tekanan dari minyak shock.
4. Sil debu: berguna untuk menjaga agar debu tidak masuk ke dalam slider garpu. Sebab debu dapat membuat tabung garpu menjadi lecet atau aus.
5. Tabung garpu : berguna untuk membuat sekat atau ruang antara slider garpu dan ruang di dalam tabung garpu tersebut. Hal ini disebabkan shockbreker honda menggunakan tipe twin tube ( dua tabung).
6. Torak garpu: berfungsi sebagai piston yang membagi ruang antara di bawah torak garpu dan di atas torak garpu. Sehingga minyak shock berpindah dari ruang di bawah torak garpu menuju ruang di atas torak garpu, demikian sebaliknya. Hal ini bertujuan untuk meredam gaya oksilasi  dari pegas garpu dan pegas reaksi.
7. Pegas reaksi: berguna menerima atau meredam kejutan dari roda. Pegas ini yang pertama kali menerima kejutan dari roda akibat jalan yang tidak rata.
8. Pegas garpu : berguna untuk menahan gerak torak ke atas. Pegas garpu ini juga meredam kejutan, tapi setelah menerima gaya dari torak garpu. Gaya yang dimaksud adalah kejutan akibat sentuhan roda ke jalan yang tidak rata.
9. Baut garpu : berguna menutup lubang di atas torak garpu, sehingga minyak shock tidak keluar dari shockbreker. Biasanya di baut garpu terdapat ring sil oli.


1.6. TEMPAT DAN WAKTU
Kegiatan Prakerin yang saya lakukan bertempat di Rafi Jaya Motor yang beralamat di jalan Raya Ciater Gang Bung RT.09 rw.02 Desa Ciater Kec.Ciater Kab.Subang. Waktu pelaksanaanya di mulai dari tanggal 4 Desember 2017 S/D 28 Februari 2018 dari pukul 7.30 S/D pukul 16.00 wib.


BAB II
PROFIL PERUSAHAAN



2.1. Profil Perusahaan
Bengkel Rafi Jaya Motor atau biasa di kenal dengan sebutan RJM mulai berdiri pada tahun 2000 di desa Ciater. Nama bengkel diambil sesuai dengan nama anaknya yaitu Rafi dan nama pemiliknya sendiri yaitu Eef  Supriatna Wis Jaya S.Par,kalau kita lihat dari latar belakang pendidikan beliau yang di tekuni dan bidang usaha yang di jalanai sekarang sangatlah bertolak belakang.
Tetapi semenjak sekolah beliau sudah senang dengan otomotif.

Nama : Rafi Jaya Motor
Alamat : Gg.Bunga Rt.09 Rw .02 Ciater Subang
Jenis Usaha : Bengkel Motor
Tahun Berdiri : 2000
Omset / Bulan : 30-50 Juta

Profil Owner
Nama :  Eep Supriatna
Tempat Tanggal Lahir :  04.Januari 1973
Agama :  Islam
Pendidikan Terakhir :  Lulusan Sarjana Ekonomi Pariwisata
                                                   Caktripa-Bandung
                                                                               

2.2. Pekerjaan Di Perusahaan
Selain jasa perbaikan atau service, Bengkel Rafi Jaya Motor juga menjual berbagai suku cadang kendaraan bermotor. Seperti oli mesin, oli suspensi depan, ban kendaraan bermotor baik ban dalam maupun ban luar, kabel gas, kabel kopling, aki motor, paking mesin, suspensi depan motor, kanvas rem, master rem, dan masih banyak yang lainnya. Suku cadang yang terdapat di bengkel Rafi Jaya Motor.

BAB III
PAMBAHASAN


3.1. Cara Memperbaiki Suspensi Depan Motor Di  Bengkel Rafi
Jaya Motor

Salah satu jenis kerusakan yang sering terjadi pada komponen shock ini adalah kerusakan seperti kebocoran oli,shock yang keras dan lain sebagainya.akibatnya jika shock depan motor rusak pastinya motor tidak akan enak atau nyaman dibawa berkendara ataupun buat keperluan lainnya.Biasanya, penyebab oli bocor dikarenakan oleh steal shock yang sobek , bias juga karena memang sudah factor umur, menghantam lubang pada saat kecepatan tinggi,dan lain sebagainya,maka disarankan berkendara dengan kondisi normal akibatnya dari hal tersebut bias mengakibatkan shock menjadi keras,dan timbul bunyi kasar di bagian depan pada saat melintas dijalan yang rusak .

3.2. Peralatan Yang Di Butuhkan
Adapun peralatan atau bahan tersebut diantaranya :
Oli khusus shock
Seal shock baru
As shock baru ( jika memang diperlukan)
Wadah untuk oli bekas
Kunci L
Kunci as roda dan segitiga
Bensin atau solar
Sabun
Air



3.3. Langkah Pembongkaran Suspensi Depan
1. Tempatkan terlebih dahulu motor ditempat yang aman,lalu berikutnya lepas roda bagian depan.
2. Setelah itu lepas spakbor untuk memudahkan proses pekerjaan.
3. Selanjutnya kendorkan baut L yang berada di bagian bawah shock .Agar posisinya tidak berputar,gunakan as roda sebagai penahannya.
4. Selanjutnya,buka bagian tutup atas shock dengan cara mengendorkan terlebih dahulu bautnya,kemudian congkel bagian atas ringnya sampai tutup shock tersebut bias terlepas
5. Lanjutkan dengan mengendorkan baut segitiga lalu congkel agar melepaskan shock , lalu lepaskan shock nya.
6. Sebelum membuka baud bentuk L yang berada di bawah shock roda lalu siapkan terlebih dahulu wadah untuk membuang bekas oli shock agar tidak berceceran dilantai
7. Langkah yang terakhir , buka penutup atas shock dan selanjutnya kelangkah pembersihan shock, agar gasil penggantian oli berhasil dengan maksimal dan kerusakan pada shock dapat terdeteksi .

3.4. Langkah Pemeriksaan Suspensi  Depan
1. Langkah pertama dilakukan adalah dengan langkah awal pembersihan komponen-komponen shock dengan menggunakn bengsin yang tadi sudah disiapkan.Lakukan proses pembersihan ini secara menyeluruh pada semua bagian,agar terlihat dengan jelas bagian shock mana yang rusak dan harus diperbaiki .tetapi khusus untuk karet seal lebih baik membersihkannya dengan menggunakan air detergen atau air sabun.
2. Langkah kedua setelah shock bersih, lakukanlah pemeriksaan pada bagian yang rusak yang terdapat pada shock tersebut, jika menemukan shock motor mati , maka cukup dengan mengganti oli saja, dan bila diperlukan ganti saja bagian seal shock tersebut
3. Langkah ketiga,apabila menemukan shock mengalami kebocoran,itu artinya seal shock sudah rusak, caranya mengganti sealnya dengan seal yang baru.setelah itu periksa as roda jika menemukan kondisi as shock tersebut baret, maka jalannya harus melakukan penggantian yang baru  

Dari hal yang saya dapatkan kebanyakan kerusakan yang sering terjadi,disistem suspensi depan motor yaitu Kebocoran oli akibat seal shock yang sobek atau yang sudah aus karena umur pakai yang sudah lama,kebocoran oli shock akibat baretnya batang fork pife disebabkan sedikitnya oli shock akibat kebocoran tersebut.Masalah lain yaitu kerasnya sespensi depan bila motor bagian depan ditekankan kebawah sistem suspensi depan teras keras biasanya masalah tersebut disebabkan oleh banyaknya penggunaan oli shock yang berlebihan. Bengkoknya as roda depan, dan bias disebabkan oleh bengkoknya segitiga motor akibat kecelakaan dan sebagainya.


3.5. Langkah Perakitan Suspensi Depan
Cara memperbaiki shock depan motor berikutnya yakni melakukan perakitan shock.Hal ini akan menentukan apakah shock masih bisa dilepas pastinya merakitnya sama seperti kondisi awal agar tidak terjadi masalah yang lainnya tetapi per shock dan tutup atas shock tidak dilepas kembali.
Setelah merakit,isi kembali oli yang dirancang khusu untuk shock yang sesuai spesifikasi serta takaran yang standar
Kemudian barulah memasang per shock yang tadi belum di pasangkan, kemudian pasangkan kembali shockbreaker kebentuk segitiga
Pasangkan kembali spakbor dan roda sama seperti sebelum mencopotnya.Pastikan terpasang sesuai dengan langkah awal.


BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN


4.1. KESIMPULAN
Dari pelaksanaan PRAKERIN yang di laksanakan di bengkel Rafi Jaya Motor selana 3 bulan ini, saya menarik kesimpulan bahwa dalam melaksanakan PRAKERIN ini saya mendapat pengalaman baru, yaitu dalam sistem suspensi depan motor. Mengenal lebih dalam tentang cara kerja sistem suspensi depan motor, kerusakan-kerusakan yang terdapat di sistem suspensi depan motor, lebih mendalami cara-cara perbaikan suspensi depan motor.

4.2. SARAN
Penulis menyarankan agar para teknisi tetap menjaga dan meningkatkan kedisiplinan dalam bekerja,serta menjaga dan merawat alat perkakas dengan baik,sehingga bisa berumur panjang atau awet
Dan kepada pihak sekolah penulis menyarankan agar guru pembimbing harus sering mengobrol siswa dalam melaksanakan kegiatan prakerin,dan kepada adik-adik di sarankan untuk lebih giat lagi dalam belajar,guna mempersiapkn diri untuk menghadapi pelaksanaan prakerin nanti.  

DAFTAR PUSTAKA

Otomotif sepeda motor tahun 2005, sistem kerja suspensi depan sepeda motor, teknologi dan rekayasa.
Sumber:
http://totalotomotif.com/pemeriksaan-sistem-suspensi-sepeda-motor/



ABSTRAK


Agenda kegiatan penulis ditempat PRAKERIN , yaitu di bengkel Rafi Jaya Motor, yang di mulai sejak tanggal 2 Desember 2017 sampai dengan 28 Februari 2018 secara garis besar dapat di selesaikan dengan baik dan tuntas. Dengan metode penulisan ini saya berusaha untuk mengumpulkan informasi profil perusahaan atau instansi dan hal-hal yang berhubungan dengan otomotif dan data-data yang di peroleh.

Dari hasil PRAKERIN terdapat pembimbing dan staf karyawan baik berupa informasi suatu instansi. Untuk menunjang kemampuan terdapat konsep prakerin, penulis telah melaksanakan apa yang di tugaskan oleh bengkel, dan penulis mendapat pengalaman yang belum di dapatkan sebelumnya.
Secara garis besar, tugas-tugas yang dilaksanakan penulis di tempat PRAKERIN yaitu:
1. Mendapat pengalaman yang mencakup perbaikan suspensi depan motor.
2. Mengetahui bagaimana prinsif kerja suspensi depan motor, kerusakan-kerusakan yang terdapat di sistem suspensi depan motor, dan cara menanganinya.
3. Mengetahui bagian-bagian suspensi depan motor, fungsi sistem suspensi depan motor, dan cara perwatan khususnya perbaikan suspensi depan motor sesuai dengan keinginan clien.
4. Mengetahui berbagai macam suku cadang kendaraan bermotor, mendapat pengalaman bekerja mandiri, bekerja dalam satu tim dan mengembangkan potensi dan keahlian.
Dari semua tugas yang dilaksanakan penulis di tempat PRAKERIN penulis mengambil judul ”Perbaikan Suspensi Depan Motor” . Dan setelah mengikuti PRAKERIN ini penulis banyak mendapat ilmu yang tidak penulis temukan saat mengikuti pembelajaran di kelas. Selama penulis melaksanakan PRAKERIN mendapat pengalaman dalam bekerja di lapangan serta pengalaman untuk menyesuaikan diri dalam dunia kerja, selain itu menambah wawasan tentang dunia otomotif yang sesungguhnya.


Kata kunci :  Suspensi Depan Motor



LAMPIRAN

No comments:

Post a Comment

Electro Electro