ABSTRAK
Agenda kegiatan penulis ditempat PRAKERIN, yaitu di Bengkel Rafi Jaya Motor (RJM), yang dimulai sejak tanggal 4 Desember 2017 sampai dengan 28 Februari 2018 secara garis besar dapat diselesaikan dengan baik dan tuntas
Adapun pekerjaan dilakukan rutin setiap hari kerja pegawai, terhitung mulai dari hari senin sampai hari sabtu.
Untuk menunjang kemampuan terhadap konsep PRAKERIN, penulis telah melaksanakan apa yang ditugaskan oleh bengkel, dan penulispun mendapatkan pengalaman yang belum didapatkan sebelumnya.
Secara garis besar, tugas-tugas yang dilaksanakan penulisan di tempat PRAKERIN yaitu :
1. Memperoleh pengalaman yang mencakup service system rem tromol pada sepeda motor
2. Mendapat pelajaran bekerja mandiri, bekerja dalam suatu tim dan mengembangkan potensi dan keahlian.
3. Mengetahui berbagai macam suku cadang merek motor, mengetahui cara perbaikan-perbaikan sepeda motor mengetahui keinginan client dan lain-lain.
4. Mengetahui lebih mendalam bagian-bagian, fungsi, prinsip dasar, cara kerja, dan perawatan khususnya dalam service system rem tromol pada sepeda motor.
LEMBAR PENGESAHAN
“ LAPORAN PRAKERIN Ini Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Mengikuti Ujian Nasional Di SMK NURUL HUDA Sagalaherang “.
Mengetahui,
Pembimbing Sekolah
CUCUN, S.HUM
Pembimbing Instansi
EEP SUPRIATNA
Menyetujui,
Ketua Jurusan
Teknik Sepeda Motor
AGUS PURWANA, ST Kepala
SMK NURUL HUDA
M. MUKTI ALI, ST.MT.M.M.Pd
KATA PENGANTAR
Bismillahirrohmanirrohim
Assalamualaikum wr wb
Alhamdulilah, Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia –nya sehingga kami dapat menyelesaikan praktek kerja industry (PRAKERIN) dan dapat menyusun laporan ini dengan baik guna memenuhi kelengkapan bukti belajar(evidence).
Laporan praktek kerja industri (PRAKERIN) ini dapat disusun dengan baik berkat bantuan dari pihak-pihak yang telah memberikan bimbingan dan dukungan sebagai bahan masukan untuk kami. Untuk itu pada kesempatan ini kami mengucapkan banyak terimakasih kepada :
1. Orangtua yang telah memberikan ijin, bekal serta doa kepada penulis untuk melaksanakan PRAKERIN.
2. Bapak M. Mukti Ali, ST,MT,M.M.Pd selaku kepala sekolah SMK Nurul Huda Sagalaherang.
3. Bapak Agus Purwana, ST Selaku ketua jurusan Teknik Sepeda Motor.
4. Bapak CUCUN, S.HUM selaku guru bimbingan yang telah memberikan bantuan, bimbingan dan pengarahan sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan PRAKERIN.
5. Bapak dan Ibu Guru SMK NURUL HUDA sagalaherang yang telah memberikan ilmu serta dukungan kepada penulis.
6. Bapak Eep Supriatna selaku pemilik bengkel yang telah memberi izin dan tempat kepada penulis untuk melaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN).
7. Teman-teman yang telah menemani dan bekerjasama dengan penulis dalam melewati tantangan selama masa PRAKERIN.
Penulis berharap isi dari laporan ini bebas dari kekurangan dan kesalahan,akan tetapi kekurangan dan kesalahan terjadi akibat kurangnya pengalaman penulis dalam mengerjakan laporan PRAKERIN.
Oleh karena penulis meminta teguran dan kritik dari pembaca, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca dalam menuju perubahan, amin.
Walaikumssalam wr.wb
Subang, 28 Februari 2018
Penulis
IVAN PRIMANSYAH
DAFTAR ISI
ABSTRAK
LEMBAR PENGESAHAN i
KATA PENGANTAR ii
DAFTAR ISI v
BAB I PENDAHULUAN
1. Latar Belakang 1
2. Rumusan Masalah 1
3. Metode Penelitian 1
4. Maksud dan Tujuan 3
5. Waktu dan Tempat…………………………………………………….
BAB II PROFIL PERUSAHAAN
1. Sejarah Singkat Perusahaan 4
2. Profil Owner 4
3. Profil Perusahaan 5
BAB III PEMBAHASAN
1. Pengertian Rem Tromol 6
2. Cara Kerja Rem Tromol 8
3. Cara Mengganti Kanpas Rem Tromol pada Sepeda Motor 9
BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN
1. Kesimpulan 11
2. Saran 11
DAFTAR PUSTAKA 13
LAMPIRAN
BAB I
PENDAHULUAN
Sekolah Menengah Kejuruan adalah sebuah Lembaga Pendidikan Menengah Atas, yang memiliki kegiatan-kegiatan di bidang pendidikan yang mengarah kepada keterampilan dan penguasaan ilmu pengetahuan di bidang kejuruan yang bertujuan agar siswa dapat memiliki keterampilan dan keahlian untuk memasuki dunia usaha industri atau dunia kerja.
Maka dari itu, setiap Sekolah Menengah Kejuruan dianjurkan untuk melakukan Prektek Kerja Industri ( PRAKERIN ) untuk memperkenalkan siswa pada dunia kerja yang nyata, juga untuk mempersiapkan siswa agar dapat bersaing di dunia industri. Karena prakerin merupakan salah satu bentuk emplementasi secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung di dunia kerja untuk mencapai tingkat keahlian tertentu
Sistem rem adalah suatu mekanisme yang mengatur kecepatan atau menghentikan kendaraan melalui suatu gesekan antara komponen rem dengan roda yang berputar. Pada dasarnya jenis rem tromol yang digunakan roda depan dan belakang tidak sama. Hal ini dimaksud supaya sistem rem dapat berfungsi dengan baik sesuai persyaratan.
1. Rumusan Masalah
1. Apa yang dimaksud system rem tromol?
2. Bagaimana cara kerja sistem rem tromol?
3. Jelaskan cara memperbaiki kanpas rem tromol pada sepeda motor!
2. Maksud dan Tujuan
Maksud pelaksanaan Prakerin ini adalah untuk memperoleh dan mengumpulkan data serta informasi yang dibutuhkan untuk mengklarifikasi ilmu pengetahuan yang siswa miliki dengan mengembangkan teori yang didapatkan dari sekolah khususnya dalam bidang Teknik Sepeda Motor.
Tujuan pelaksanaan PRAKERIN ini adalah
1. Menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas dan memiliki keahlian profesional dengan tingkat pengetahuan dan keterampilan kerja sesuai dengan tuntutan lapangan kerja;
2. Dapat mengetahui perbedaan antara lingkungan Dunia Usaha/Industri dengan lingkungan Sekolah;
3. Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas;
4. Memberikan pengalaman dan penghargaan terhadap siswa akan pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan;
5. Mampu untuk mengamalkan ilmu yang telah di dapat selama di bangku sekolah;
6. Memperoleh pengalaman bekerja langsung di tempat kerja sesuai kompetensi dasar jurusan;
.
Penyelenggaraan kurikulum SMK Nurul Huda Sagalaherang sepenuhnya dilaksanakan oleh sekolah, lalu diberikan kesempatan untuk melaksanakan pengalaman kerja lapangandi industry atau perusahaan dalam waktu 3 bulan.
3. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
a. Waktu pelaksanaan PKL
Kegiatan PKL di laksanakan pada tanggal 04 Desember 2017 sampai dengan 28 Februari 2018 atau kurang lebih selama 3 bulan. Mulai Pukul 08.00 WIB sampai dengan Pukul 16.00 WIB.
b. Tempat pelaksanaan PKL
Tempat pelaksanaan PKL di laksanakan di Bengkel RJM (Rafi Jaya Motor) di Kecamatan Ciater Kabupaten Subang
BAB II
PROFIL PERUSAHAAN
1. Sejarah Singkat Perusahaan
Bengkel Rafi Jaya Motor atau sudah dikenal dengan sebutan bengkel RJM mulai berdiri pada tahun 2000 di Desa Ciater, nama bengkel diambil sesuai dengan nama anaknya yaitu Rafi dan nama pemiliknya sendiri yaitu Eep Supriatna Wijaya, S.Par, kalau kita lihat dari latar belakang pendidikan beliau yang ditekuni dan bidang usha yang dijalani sekarang sangatlah bertolak belakang, tapi semenjak sekolah beliau sudah senang dengan otomotif. Sampai akhirnya sering ikutan balap-balapan motor, mobil dan service kendaraan sendiri.
Dari hobi tersebut akhirnya timbul keinginan untuk membuka usaha sendiri. Semenjak lulus dari Sarjana Pariwisata beliau tidak berminat untuk bekerja karena memang keinginanya membuat usaha sendiri tidak pernah memiliki karyawan paling 1-2 orang. Bengkel RJM adalah bengkel yang paling lama berdiri di daerah Ciater walaupun dengan jatuh bangun tapi tetap bisa bertahan sampai saat ini.
2. Profil Owner
Nama : Eep Supriatna
Tempat Tanggal Lahir : 04 Januari 1973
Agama : Islam
Pendidikan Terakhir : Lulusan Sarjana Ekonomi Pariwisata
Caktripa - Bandung
Alamat : Gg. Bunga RT 09 RW 02 Ciater-Subang
No. HP : 0822 4034 1111
3. Profil Perusahaan
Nama : Rafi Jaya Motor
Alamat : Gg. Bunga RT 09 RW 02 Ciater-Subang
Jenis Usaha : Bengkel Motor
Tahun Berdiri : 2000
Omset/Bulan : 30-50 Juta
Keuntungan : 6-10 Juta/Bulan (bersih)
Jumlah Pegawai : 1 Orang
Gaji Pegawai : Rp. 2.000.000,-
BAB III
PEMBAHASAN
1. Pengertian Rem Tromol
Rem tromol merupakan sistem rem yang telah menjadi metode pengereman standar yang digunakan sepeda motor kapasitas kecil pada beberapa tahun belakangan ini. Alasannya adalah karena rem tromol sederhana dan murah. Konstruksi rem tromol umumnya terdiri dari komponen-komponen seperti: sepatu rem (brake shoe), tromol (drum), pegas pengembali (return springs), tuas penggerak (lever), dudukan rem tromol (backplate), dan cam/nok penggerak. Cara pengoperasian rem tromol pada umumnya secara mekanik yang terdiri dari; pedal rem (brake pedal) dan batang (rod) penggerak.
Pada saat kabel atau batang penghubung (tidak ditarik), sepatu rem dan tromol tidak saling kontak. Tromol rem berputar bebas mengikuti putaran roda.Tetapi saat kabel rem atau batang penghubung ditarik, lengan rem atau tuas rem memutar cam/nok pada sepatu rem sehingga sepatu rem menjadi mengembang dan kanvas rem (pirodo)nya bergesekan dengan tromol. Akibatnya putaran tromol dapat ditahan atau dihentikan, dan ini juga berarti menahan atau menghentikan putaran roda.
Rem tromol terbuat dari besi tuang dan digabung dengan hub saat rem digunakan sehingga panas gesekan akan timbul dan gaya gesek dari brake lining dikurangi. Drum brake mempunyai sepatu rem (dengan lining) yang berputar berlawanan dengan putaran drum (wheel hub) untuk mengerem roda dengan gesekan. Pada sistem ini terjadi gesekangesekan sepatu rem dengan tromol yang akan memberikan hasil energi panas sehingga bisa menghentikan putaran tromol tersebut. Rem jenis tromol disebut “internal expansion lining brake”. Permukaan luar dari hub tersedia dengan sirip-sirip pendingin yang terbuat dari aluminium–alloy (paduan aluminium) yang mempunyai daya penyalur panas yang sangat baik. Bagian dalam tromol akan tetap terjaga bebas dari air dan debu kerena tromol mempunyai alur untuk menahan air dan debu yang masuk dengan cara mengalirkannya lewat alur dan keluar dari lubang aliran.
Berdasarkan cara pengoperasian sepatu rem, sistem rem tipe tromol pada sepeda motor diklasifikaskan menjadi dua, yaitu:
1. Tipe Single Leading Shoe
Rem tromol tipe single leading shoe merupakan rem paling sederhana yang hanya mempunyai sebuah cam/nok penggerak untuk menggerakkan dua buah sepatu rem. Pada ujung sepatu rem lainnya dipasang pivot pin (pasak) sebagai titik tumpuan sepatu rem.
2. Tipe Two Leading Shoe
Rem tromol tipe two leading shoe dapat menghasilkan gaya pengereman kira-kira satu setengah kali single leading shoe. Terutama digunakan sebagai rem depan, tetapi baru-baru ini digantikan oleh disk brake (rem cakram). Rem tipe ini mempunyai dua cam/nok dan ditempatkan di masing-masing ujung dari leading shoe dan trailing shoe.
Cam tersebut bergerak secara bersamaan ketika rem digunakan melalui batang penghubung yang bisa distel. Setiap sepatu rem mempunyai titik tumpuan tersendiri pivot) untuk menggerakkan cam.
Tindakan perawatan serta pemeliharaan rem tromol (drum brake) dapat dilakukan dengan cara atau langkah sebagai berikut:
a) Mengusahakan keadaan tromol rem bersih dari kotoranm debu atau lumpur, karena adanya kotoran tersebut akan membuat licin tekanan kanvas dan pendinginan sekitar tromol menjadi berkurang, selama temperatur masih tinggi maka kemampuan rem akan berkurang walaupun telah dibebankan tekanan yang cukup.
b) Menggunakan kanvas rem dengan kulitas yang baik, tidak cepat aus. Kanvas rem yang berkurang tipis kerjanya sudah kurang dan harus segera diganti yang baru.
c) Menyetel unit rem sesuai anjuran atau buku petunjuk.
d) Selalu memeriksa unit-unit rem, seperti kabel dan kawat penarik, karena setelah dipakai cukup lama akan terjadi keausan, sehingga kanvas terasa menjadi tipis.
2. Cara Kerja Rem Tromol
1. Sebelum rem bekerja.
Pada saat tuas rem belum di tarik / di injak maka rem belum bekerja. Di antara tromol dan kanvas rem masih ada celah dan tidak bersinggungan. Per pengembali kanvas masih belum meregang.
2. Setengah pengereman
Apabila tuas rem ditarik setengah maka akan mulai terjadi pergerakan pada komponen rem. Cam akn bergerak memutar dan kanvas akan bergerak keluar sehingga akan mulai bergesekan dengan drum/ tromol. Terjadilah gesekan kecil dan rem bekerja sedikit.
3. Rem bekerja penuh
Pada saat rem tuas rem di tarik penuh maka akan terjadi gesekan yang kuat antara tromol dan kanvas rem. Cam memutar maksimal dan penekanan pada kanvas rem dengan tromol kuat sehingga dengan adanya gaya gesekan yang kuat akan mampu menghentikan putaran tromol. Per pengembali juga meregang maksimal.
4. Pelepasan rem
Saat pelepasan rem adalah dimana tuas dilepas dan kembali pada posisi semula. Per pengembali kanvas bekerja untuk mengembalikan kedudukan kanvas seperti pada saat belum bekerja. Gesekan antara kanvas dan tromol tidak ada.
3. Cara Mengganti Kanpas Rem Tromol pada sepeda Motor
a. Langkah pembokongkaran
1. Siapkan kanvas baru
2. Longgarkan mur roda
3. Angkat kendaraan
4. Pasang jack stand
5. Lepas roda
6. Lepaskan tromol
7. Lepaskan per pengembali
8. Lepas adjusting scew
9. Lepas paku pengembali
10. Lepas kanvas/sepatu rem
b. Pemeriksaan
Memeriksa sepatu rem atau kanvas rem sudah tipis /belum, kalau sudah tipis kanvas harus diganti.
c. Pengukuran
Ketebalan minimum : 1,0mm(0,039 in)
Ketebalan standar : 6,0mm(0,197 in)
Bila ketebalan pelapis sepatu kurang dari nilai minimum, atau terlihat tanda-tanda keausan yang tidak merata.
d. Langkah Pemasangan
1. Pasang kanvas baru
2. Pasang paku pengunci
3. Pasang adjusting scew
4. Pasang per pengenbali
5. Pasang tromol
6. Pasang roda
7. Angkat kendaraan
8. Turunkan/lepas jack stand
9. Turunkan kendaraan
10. Kencangkan mur roda
e. Langkah Pembongkaran
1. Siapkan kanvas baru
2. Longgarkan mur roda
3. Angkat kendaraan
4. Pasang jack stand
5. Lepasankan roda
6. Buka pen caliper bawah
7. Tarik pen caliper ke atas
8. Buka kanvas
BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
A. KESIMPULAN
Kegiatan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat untuk kami sebagai siswa dan siswi, dan dapat mengenal lebih jauh bagaimana cara kerja di lapangan sesuai dengan keahlian masing-masing siswa. Sehingga setiap siswa dapat melihat gambaran mengenai kegiatan bidang usaha dimasa yang akan datang, sehingga siswa-siswi mengetahui standar kompetensi yang akan dijadikan peluang kerja dan kesempatan kerja.
Dalam dunia usaha dibutuhkan kedisiplinan yang cukup baik, instansi-instansi biasanya memerlukan karyawan yang disiplin, terampil, rajin dan cerdas.
Pada praktek kerja industri ini diperlukan keahlian yang cukup. Selama penulis melaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN), penulis merasa bangga bisa mendapatkan ilmu yang belum pernah penulis dapatkan sebelumnya serta memperoleh banyak pengalaman.
Tujuan lain Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) adalah menambah wawasan yang luas bagi kami sebagai siswa-siswi di SMK Bina Mandiri, terutama dalam bidang yang ditempatinya. Adapula tempat yang disukai yakni di ruangan pemilihan arsip, penulis bisa belajar dan dapat mengetahui yang belum penulis dapatkan selama ini, terutama pengetahuan tentang penyusunan laporan ini.
B. SARAN
1. Untuk Pihak Sekolah
a. Memberikan pembekalan lebih kepada siswa sebelum dan pasca melaksanakan program Prakerin.
b. Memberikan motivasi-motivasi agar siswa yang melaksanakan kegiatan Prakerin lebih semangat.
c. Memberikan bekal teori-teori agar siswa tidak kaget dengan Dunia Usaha.
d. Mengajarkan etika di Dunia Usaha agar tidak terjadi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan yang berdampak buruk bagi sekolah dan tempat usaha.
e. Selalu mengawasi siswa yang Prakerin agar siswa yang menyelewengkan bisa ditegur.
2. Untuk Pihak Industri
a. Memberikan pengarahan lebih kepada siswa agar nantinya setelah prakerin selesai siswa bisa mengatasi suasana kerja didunia usaha yang sebenarnya.
b. Memperluas bengkelnya agar saat bengkel ramai tidak berdesak-desakan dan jika bengkelnya bertambah luas pasti pelangganpun akan bertambah banyak seiring dengan tempat yang semakin luas.
c. Perlunya promosi-promosi dan terobosan-terobosan baru seiring dengan perkembangan zaman agar pelanggan yang ada bertambah banyak.
d. Memberikan kesempatan lebih kepada siswa agar siswa bisa membuktikan kemampuan yang dimilikinya.
3. Untuk Adik-Adik Kelas Yang Nanti Akan Melaksanakan Prakerin
a. Pahamilah semua materi yang diajarkan agar nantinya digunakan untuk bekal Prakerin kalian.
b. Belajarlah menghargai waktu karena di Dunia Usaha waktu sangatlah berharga.
c. Janganlah merasa malu kalau tidak bisa, tanyakan kepada orang yang lebih tahu.
d. Belajarlah bersikap sopan terhadap semua orang.
e. Jangan merasa pintar, karena sikap seperti itu bisa menghancurkan kalian sendiri.
DAFTAR PUSTAKA
http://mengerjakantugas.blogspot.co.id/2011/12/rem-tromol-drum-brake-sepeda-motor.html
http://trampilan.blogspot.co.id/2013/07/cara-kerja-rem-sepeda-motor.html
http://saputranett.blogspot.co.id/2013/05/sistem-rem-tromol-sepeda-motor.html
BIODATA SISWA
Nama Lengkap : Ivan Primansyah
NIS : 016-1316-811
Tangggal Lahir : 05 Januari 2000
Agama : Islam
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Program Keahlian : Teknik Sepeda Motor
Alamat : Pasir Luhur, RT.20 / RW.01
Kelurahan : Desa Talagasari
Kecamatan : Serang Panjang
Kabupaten : Subang
LAMPIRAN
No comments:
Post a Comment