Wednesday, November 8, 2017

MEMAHAMI JENJANG KARIR DALAM ORGANISASI INDUSTRI PARIWISATA

TUGAS KEPARIWISATAAN
MEMAHAMI JENJANG KARIR DALAM ORGANISASI
INDUSTRI PARIWISATA

DI SUSUN OLEH :
KELOMPOK 7
ANGGOTA:
WIDI SEPTIANI
AGUNG ABDILLAH
ALVI RIZKI.O
IRFAN HILMI

SMK 45 LEMBANG – BANDUNG BARAT
2017-2018

========================================================================

Jenis Jenis Karier dalam Industri Pariwisata :

1.     Ticketing
Seorang ahli yang melayani segala kebutuhan perjalanan wisata cotumer

TUGASNYA ANTARA LAIN :

Memberikan info secara lengkap tentang apa yang dibutuhkan oleh customers, spt jadwal penerbangan, harga tiket, jenis pesawat, dll.
2. Meyakini cutomer terhadap produk/ jasa yang kita tawarkan.
3. Memberikan kepuasan pelayanan maupun produk terhadap costumer. 
4. Melayani dengan sebaik mungkin segala jenis kebutuhan perjalanan sehingga membuat
5. customer akan datang kembali.

2.    Reservation
Suatu pemesanan kamar yang di lakukan beberapa waktu sebelumnya, yang di peroleh hotel dari berbagai sumber dengan menggunakan berbagai cara pemesanan untuk memastikan bahwa tamuakan memperoleh kamar pada waktu check-in.
A.       Manfaat Reservation
Adapun Maanfaat Pemesanan Kamar Sebagai Berikut :
     1. Bagi calon tamu yang akan menginap, pemesanan kamar penting artinya untuk :
     •        Penyusunan Anggota Perjalanan
     •        Pengaturan Program
     2. Bagi hotel yang menerima pemesanan kamar juga sangat penting artinya untuk :
     •         Penyusunan rencana kegiatan
     •         Perencanaan kegiatan dalam penerimaan tamu tiba
      •        Perencanaan penjualan kamar
     3. Bagi calon  tamu / Pemesan dan hotel pemesanan kamar merupakan suatu ikatan atau kontrak yang mengikat kedua belah pihak apabila pemesanan telah dikonfirmasi. Oleh karena itu bagi mereka yang bertugas menangani pemesanan kamar hendaknya melakukan dengan sebaik-baiknya dengan jalan :
     •        Selalu meneliti kamar yang tersedia untuk di jual pada saat yang di perlukan
     •        Teliti dalam menerima pemesanan kamar sehingga informasi-informasi yang yang di perlukan hotel tidak terlupakan terutama pemesanan melaului telephone,telex,dan personal
     •   Teliti dalam memasukan informasi pemesanan kamar kedalam catatan pemesanan kamar seperti : chart dan sebagainya

3.    Pramuwisata

profesi di bidang kepariwisataan. Pramuwisata disebut juga Pemandu Wisata atau Tour Guide dalam Bahasa Inggris. Di Indonesia, secara nasional telah dibentuk organisasi yang mewadahi profesi ini, yaitu Himpunan Pramuwisata Indonesia atau HPI. Organisasi ini telah memiliki jaringan ke seluruh provinsidi Indonesia. Di beberapa daerah juga terbentuk sejumlah organisasi serupa yang bersifat lokal.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Pramuwisata adalah petugas pariwisata yg berkewajiban memberi petunjuk dan informasi yg diperlukan wisatawan. Pramuwisata disebut juga Pemandu Wisata atau Guide dalam Bahasa Inggris.
Menurut Peraturan Menparpostel RI, Pramuwisata adalah seseorang yang bertugas memberikan bimbingan, penjelasan dan petunjuk tentang obyek wisata serta membantu keperluan wisatawan lainnya.
Menurut EN 13809 OF EUROPEN COMMITTEE FOR STANDARDISATION (CEN) ADOPTED BY WFTGA AT ITS DUNBLANE SCOTLAND CONVENTION 2003, TOURIST GUIDE is a person who guide visitiors in the language of their choice and interprets the cultural and natural heritage of an area which person normally possesses an area-specific qualification usually issued and /or recognized by the appropriate authority.

4.      Tour Operator

Suatu perusahaan yang usaha kegiatannya merencanakan & menyelenggarakan perjalanan orang – orang untuk tujuan wisata atas inisiatif sendiri dan resiko sendiri dengan tujuan mengambil keuntungan dari penyelenggaraan perjalanan tersebut
Katalisator dalam kepariwisataan
Misal : maskapi penerbangan , hotel

5.  MICE

MICE, akronim bahasa Inggris dari "Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition" (Indonesia: Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran), dalam industri pariwisata ataupameran, adalah suatu jenis kegiatan pariwisata di mana suatu kelompok besar, biasanya direncanakan dengan matang, berangkat bersama untuk suatu tujuan tertentu. Mice adalah kegiatan konvensi, perjalanan intensif dan pameran dalam industri pariwisata. Apa yang dimaksud dengan MICE? Secara teknis , MICE (Meeting, Incentive, Conference dan exhibition) digolongkan kedalam industri pariwisata.
•         Dalam peritilah indonesia MICE diartikan sebagai wisata konvensi, dengan batasan : usaha jasa konvensi, perjalanan intensif, dan pameran merupakan usaha dengan kegiatanmemberi jasa pelayanan bagi suatu pertemuan sekelompok orang (negarawan, usahawan, cendekiawan, dan sebagainya) untuk membahas masalah-masalah yang berkaitan dengan kepentingan bersama. Pada umumnya kegiatan konvensi berkaitan dengan kegiatan usaha pariwisata lain, seperti transportasi, akomodasi, hiburan, perjalanan pra- dan pasca-konferensi (pre-and post-conference tours).


•         MEETING
•         Meeting adalah istilah bahasa inggris yang berarti rapat, pertemuan atau persidangan.adalah merupakan hal yang lazim bahwa rapat, pertemuan atau persidangan ini diselenggarakan oleh kelompok orang yang tergabung dalam suatu asosiasi, perkumpulan atau perserikatan.

•         INCENTIVE
•         Istilah incentive dapat diartikan sebagai perjalanan insentif yaitu suatu kegiatan perjalanan yang diselenggarakan oleh suatu perusahaan untuk para karyawan dan mitra usaha sebagai imbalan penghargaan atas prestasi mereka dalam kaitan penyelenggaraan konvensi yang membahas perkembangan kegiatan perusahaan yang bersangkutan.

•         CONFERENCE
•         Istilah conference diterjemahkan dengan konferensi atau konperensi dalam bahasa indonesia yang mengandung pengertian sama. Dalam kaitannya dengan MICE konperensi, kongres atau
konvensi merupakan suatu kegiatan berupa pertemuan sekelompok orang (negarawan, usahawan, dan sebagainya) untuk membahas masalah-masalah yang berkaitan dengan kepentingan bersama.

•         EXHIBITION
•         Exhibition berarti pameran. Dalam kaitannya dengan industri pariwisata, pameran termasuk dalam bisnis wisata konvensi. Pameran merupakan suatu kegiatan untuk menyebarluaskan informasi dan promosi yang ada hubungannya dengan penyelenggaraan konvensi atau yang ada kaitannya dengan pariwisata.
Maka dari itu EO terlahir dari keinginan pihak yang mempunyai dana, dimana mereka memiliki tujuan yang diharapkan dapat mencapai tujuannya dengan melakukan rangkaian acara, dan tentu saja mereka  sebagai penyandang dana, mereka tidak mau repot-repot mengatur acara itu. mereka cukup memberi briefing singkat mengenai maksud dan tujuan yang ingin mereka capai, sementara untuk kreatif dan eksekusinya diserahkan kepada EO yang ditunjuk. Di sinilah Peran EO, yaitu membantu mewujudkan harapan dan tujuan dari penyandang dana. Melalui rangkaian acara:

1. Mulai dari proses penciptaan konsep, 
2. Persipan tempat, 
3. perizinan, 
4. Perlengkapan pendukung, 
5. Jalannya acara
6. Dokumentasi, 
7. Sampai publikasi acara di media masa.

Sebagai propesional EO pun dituntut untuk menyukseskan acara yang akan diselenggaran dengan kreatifitasnya. Di era modern ini banyak perusahaan yang melakukan promosi produknya dengan menyelenggaran acara dengan maksud dan tujuan meningkat penjualan produknya. maka peran eo akan sangat dibutuhkan.Mungkin itu saja dulu yang bisa saya sharingkan. Semoga Bermanfaat bagi yang berminat mendalami EO (Dunia Event Organizer)

========================================================================

karir di bidang pariwisata,jenis dan ruang lingkup karir di bidang akomodasi,jenis dan ruang lingkup pariwisata,skema dan unsur,industri pariwisata,usaha usaha jasa wisata,organisasi kepariwisataan nasional regional dan internasional,faktor-faktor perjalanan wisata,memahami organisasi kepariwisataan nasional regional dan internasionaL

No comments:

Post a Comment

Electro Electro