PELAKSAAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
DI SARI ATER HOTEL & RESORT
Di Susun Untuk Memenuhi Laporan Akhir Praktek Kerja Industri Jurusan Perhotelan Di SMK TUNAS BANGSA CIATER
DISUSUN OLEH :
NAMA : NIA KURNIA
NIS : 0006600712
KOMPETENSI KEAHLIAN : AKOMODASI PERHOTELAN
YAYASAN NURUL HIDAYAH
SMK TUNAS BANGSA ( NASSA )
Jl. SMK Tunas Bangsa No. 01 Ciater, Palasari, Cisaat, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41281
Indonesia Telp. +62 260 470400, email :smknassa@yahoo.co.id
========================================================================
LEMBAR
PENGESAHANA
PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI PADA HOUSEKEEPING DEPARTEMENT
DI SARI ATER HOTEL & RESORT
PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI PADA HOUSEKEEPING DEPARTEMENT
DI SARI ATER HOTEL & RESORT
Mengetahui,
Ketua Jurusan Pembimbing
OPIK, S.Pd.I YAYAH ROKAYAH, S.Pd.
Kepada
Sekolah
Wakasek Humas
SMK TUNAS BANGSA
H. DEDE
RUKMANA, S.Pd.I YAYAH ROKAYAH, S.Pd.
KATA PENGANTAR
Puji syukur atas kehadirat Allah Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat dan anugrah yang di berikan kepada kita, saya selaku penulis dapat menyelesaikan makalah perhotelan Adapun tujuan pembuat makalah ini bukan hanya bertujuan untuk menyelesaikan tugas namun lebih dari itu saya ingin agar orang – orang dapat mengetahui permasalah yang dihadapi oleh para pengusaha hotel selain itu juga saya berharap makalh ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian khususnya siswa/siswi Smk Tunas Bangsa Ciater, saya selakau penulis menyadari bahwa dalam penyusunan ini masih banyak kekurangan, kekeliruan ataupun kesalahan mengingat terbatasnya wajtu pengetahuan, pengalaman dan kemampuan penulis. Namun demikian, penulis berusaha semaksimal mungkin dengan pengetahuan yang dimiliki untuk menyusun laporan ini sebaik – baiknya.
Laporan ini di susun langsung berdasarkan kegiatan yang telah di laksanakan selama PKL, baik melalui pengalaman langsung maupun tidak langsung. Penulis sadar dalam penulisan laporan ini penulis tidak lepas dari bimbingan, bantuan dan dukungan serta do’a dari berbagai pihak yang telah memberikan dorongan.
Oleh karena itu dengan segala kerendahan hati, dalam kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih khususnya kepada :
1. Bapak Dede Rukmana, S.Pdi, selaku kepala sekolah SMK TUNAS BANGSA CIATER
2. Bapak Taufik Aris Munandar, S selaku ketua jurusan perhotelan SMK TUNAS BANGSA CIATER
3. Bapak Yayah Rokayah S.pd, selaku pembimbing Praktek Kerja Lapangan SMK TUNAS BANGSA CIATER
4. Seluruh staff Guru SMK TUNAS BANGSA CIATER yang telah memberikan dorongan
5. Bapak Deprido Reflianto, selaku General Manager di Sari Ater Hotel
6. Bapak Yuki Azuania, selaku Human Resauce Development di Sari Ater Hotel
7. Bapak Konkon, selaku Supervisor di Sari Ater Hotel
8. Bapak Cecep, selaku Pembina Industri di Sari Ater Hotel
9. Bapak Gatot Abilowo, selaku Executive Housekeeping di Sari Ater Hotel
10. Bapak Dinal, selaku Ass Executive Hosuekeeping di Sari Ater Hotel
11. Bapak Nia, selaku Office Boy di Sari Ater Hotel
12. Seluruh staff/crew Housekeeping Sari ater Hotel yang telah membimbing saya
13. Terima kasih banya kepada Ayah dan Ibu yang telah membantu, meberikan do’a serta dukungan kepada penulis maupun moril.
14. Seluruh teman-teman SMK TUNAS BANGSA CIATER yang telah membantu penulis dalam penyusunan laporan ini yang telah memberikan kehangatan dan keceriaan serta semangat kepada penulis.
Akhir kata semoga semua kebaikan yang telah di berikan oleh semua pihak selama pelaksaan PKL serta dalam proses pembuatan laporan ini dapat di batasi oleh Allah SWT dengan balasan yang setinggi tingginya, Amin.
Dan semoga dengan telah tersusunya laporan ini, dapat berguna bagi seluruh pihak yang membutuhkan. Dan juga semoga laporan ini dapat menjadi bahan referensi bagi adik-adik kelas yang akan melaksanakan PKL di tahun yang akan datang.
Wassalam,
Ciater, November 2017
Penulis
DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN................................................................................................. i
KATA PENGANTAR......................................................................................................... ii
DAFTAR ISI........................................................................................................................ iv
Bab 1................................................................................................................................... 1
1.1 Latar belakang............................................................................................................. 1
1.2 Rumusan Masalah....................................................................................................... 1
1.3 Tujuan........................................................................................................................... 2
1.4 Manfaat......................................................................................................................... 3
1.1 Latar belakang............................................................................................................. 1
1.2 Rumusan Masalah....................................................................................................... 1
1.3 Tujuan........................................................................................................................... 2
1.4 Manfaat......................................................................................................................... 3
Bab 2................................................................................................................................... 7
1.5 Landasan teori............................................................................................................. 7
1.6 Pelaksanaan................................................................................................................. 10
1.7 Job Deskripsi............................................................................................................... 19
1.5 Landasan teori............................................................................................................. 7
1.6 Pelaksanaan................................................................................................................. 10
1.7 Job Deskripsi............................................................................................................... 19
Bab 3................................................................................................................................... 27
1.6 Penutup........................................................................................................................ 27
1.7 Kesimpulan.................................................................................................................. 27
1.8 Saran............................................................................................................................. 27
Lampiran............................................................................................................................ 28
1.6 Penutup........................................................................................................................ 27
1.7 Kesimpulan.................................................................................................................. 27
1.8 Saran............................................................................................................................. 27
Lampiran............................................................................................................................ 28
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pendidikan dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia ( SDM ). Salah satu SDM yang diharapkan adalah memiliki keahlian dan kemampuan profesional, sebagai ketentuan dalam Undang – Undang RI pasal 3 No. 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional yang mempunyai fungsi dan tujuan sebagai berikut :
Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan bentuk watak serta peradaban yang bermartabat dalam rangka mencerdasakan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, beraklah mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang berdemokratis serta bertanggung jawab.
Tujuan pendidikan Nasional tersebut, direalisasikan pemerintah dengan menyelenggarakan program melalui tiga jalur – jalur pendidikan formal, in formal dan non formal yang saling melengkapi dan memperkaya. Jalur pendidikan formal merupakan jalur pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah, Swasta maupun swadaya masyarakat mulai dari tingkat dasar, menengah sampai dengan perguruan tinggi. Jalur non formal adalah jalur pendidikan diluar sekolah da jalur informal adalah jalur pendidikan keluarga dan lingkungan.
Dalam penempuh UN bagi siswa/siswi SMK baik Negeri maupun Swasta wajib melaksanakan PKL di suatu perusahaan ataupun intansi tertentu.
Sekolah kejuruan adalah suatu yayasan atau lembaga formal dengan mempersiapkan siswa/siswi menjadi tamatan yang siap dipakai atau siap kerja.
Sesuai dengan kejuruan adalah bidangnya, SMK maupun sekolah yang membina siswa/siswinya mendapat pengalaman belajar baik teori maupun prakteknya dan memahami pengalaman serta mengenal berbagai jenis kegiatan bidang Perhotelan House Keeping.
Penyusun membuat laporan ini dengan judul “ HOUSE KEEPING “ Penyusun mengambil judul sesuai dengan kegiatan PKL, dan juga dalam mengambil judul ini mengadakan survey dengan teman seperjuangan agar judul yang dibuat tidak sama.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka permasalahan dirumuskan sebagai berikut “ Bagaimana standar pelayanan yang digunakan hotel di departement housekeeping “
1.3Tujuan
Adapun tujuan dari pelasanaan Praktek kerja lapangan ( PKL ) siswa/siswi SMK TUNAS BANGSA CIATER adalah untuk :
1. Agar kita mempunyai bekal untuk di masa yang akan datang, sehingga ketika nanti kita berada dalam dunia kerja yang sebenernya tidak merasa canggung lagi
2. Memantapkan, mengembangkan pengalaman siswa/siswi untuk lebih mengenal lingkungan kerja di Perusahaan Perhotelan
3. Melatih siswa/siswi untuk dapat menyesuaikan diri dari berkomunikasi dengan orang yang ada dilingkungan Perusahaan Perhotalan
4. Membina kerja sama Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) dengan Perusahaan Perhotalan
A. Waktu dan tempat Pelaksaan
1. Waktu Praktek Kerja Lapangan
Lama praktek kerja lapangan di Sari Ater Hotel. Waktu pelaksanaan PKL adalah sebagai yang telah di tentukan oleh sekolah yaitu 3 bulan tehitung dari bulan Feberuari 2017 sampai April 2017 selama 3 bulan itu ditempatkan di Housekeeping
Adapun waktu pelaksanaan PKL yaitu :
1. Shift 1, dari jam 07.00-15.00
2. Middle, dari jam 10.00-17.00
3. Shift 2, dari jam 15.00-22.00
4. Shift 3, dari jam 22.00-07.00
Selama karyawan ataupun training diwajibakan mentaati semua peraturan yang ada di Sari Ater Hotel bila melangar akan mendapatkan sangsi, performance sesuai dengan jenis outletnya masing-masing. Para Room Boy harus mempersiapkan terlebih dahulu peralatan yang akan dipakai sebelum melakukan pekerjaan. Dalam hal ini kebersihan sangatlah penting dalah memelihara area tempat kita kerja.
B. Tempat Pelaksanaan
Adapun tempat pelaksanaan PKL ( praktek kerja Lapangan ) yaitu :
Di Sari Ater Hotel & Resort yang beralamat di Jln. Raya Sari ater Ciater – Subang 41281
C. Sejarah Singkat Sari Ater Hotel & Resort
Pada awalanya Tempat Wisata Air Panas Ciater yang sekarang lebih dikenal dengan sebutan Sari Ater Hot Spring Resort adalah tempat pemandian yang biasa dipergunakan oleh masyarakat ciater, palasari dan nagrak. Pada tahun 1968 Pemda kabupaten Subang melalui Pu Kabupaten bekerja sama dengan Dispenda perlahan-lahan mulai menggarap sumber air panas ciater sebagai objek wisata.
Sebagai manager pertama di tetapkan Bapak Sahro dan PU Kabupaten sedangkan jumlah karyawan pada saat itu kurang lebih hanya ada 11 orang. Pada tahun 1972 PPN DWIKORA IV ( sekarang PTPN VIII Ciater ) membuat 1 buah bangunan kamar mandi dan pintu gerbang berbentuk joglo yang lengkap dengan kantor dan loket penjualan tiker
Pada tanggal 20 maret 1974 Pemda TK II Kabupaten Subang menyerahkan pengelolaan Objek Wisata Air Panas Ciater kepada PT. Sari Ater untuk memimpin Objek Wisata Air Panas Ciater Bapak Gautama, Alm ( tahun 1974 s/d 1975 ). Jumlah karyawan pada saat itu kurang lebih 16 orang dan seluruh area wisata seluas 7.335 H, yang di kelola, dibenahi dan dibuat pagar pembatas kawat berduri.
1.4 Manfaat
A. Manfaat bagi Siwa
Jika ditinjau dari tujuan prakterin seperti yang telat dibuat daftarnya diatas, maka prakerin ini memiliki manfaat besar bagi siswa itu sendiri, diantarnya :
1. Menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki keahlian profesional, dengan keterampilan, pengetahuan, serta etos kerja yang sesuai dengan tuntutan zaman
2. Mengasah keterampilan yang di berikan sekolah menengah kerjuruan ( SMK )
3. Menambah ketermapilan, pengetahuan, gagasan-gagasan seputar dunia usaha serta industri yang professional dan handal
4. Membentuk pola pikir siswa/siswi agar terkontruktif baik serta memberikan pengalam dalam dunia industri maupun dunia kerja
5. Menjalin kerja sama yang baik antara sekolah dan perusahaan terkait, baik dalam dunia usaha maupun dunia industi
6. Mengenalkan siswa/siswi pada pekerjaan lapangan di dunia industri dan usaha sehingga pada saat merke terjun ke lapangan pekerjaan yang sesungguhnya dapat beradaptasi dengan cepat
7. Meningkatkan efisiensi waktu dan tenaga dalam mendidik dan melatih tenaga kerja yang berkualitas
8. Sebagai bentuk pengakuan dan penghargaan bahwa pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan
9. Mempersiapkan sumber daya manusia berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan di era teknologi informasi dan komunikasi terkini
10. Memeberikan keuntungan pada pihak sekolah dan siswa/siswi sendiri, karena keahlian yang tidak diajarkan di sekolah dapat di dunia usaha/industri
B. Manfaat Bagi Sekolah
Manfaat prakerin bagi sekolah sendiri sebenarnya tidak kalah banyaknya, berikut adalah beberapa manfaatnya :
1. Menjalakan kewajiban undang undang
2. Meningkatkan citra sekolah
3. Meningkatkan hubungan sekolah denga masyarakat
4. Meningkatkan pupularitas sekolah di mata masyarakat
5. Memberikan kontribusi dan tenaga kerja bagi perusahaan
C. Manfaat Prakerin Bagi Perusahaan
Perusahaan sendiri mendapat manfaat yang cukup banyak, yaitu :
1. Mendapatkan tenaga kerja sementara dengan ada nya siswa/siswi prakerin
2. Mendukung program pendidikan pemerintah
3. Meningkatkan citra perusahaan
Manfaat prakerin bagi siswa, sekolah dan perusahaan cukup banyak dan dapat terus dilakukan terutama untuk siswa/siswi SMK.
BAB 2
PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN DI SARI ATER HOTEL & RESORT HOUSEKEEPING
1.5 LANDASAN TEORI
A. Penegertian Housekeeping Secara umum
Housekeeping terdiri dari 2 suku kata yaitu house dan keep yang artinya menjaga rumah. Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan. Housekeeping adalah bagian atau Department yang mengatur atau menata perlaatan, menjaga kebersihan, memperbaiki keusakan dan memberikan dekorasi dengan tujuan agar hotel tampak rapi, bersih, menarik dan menyenangkan penghunya. Dimana ruang lingkup kebersihan Housekeeping adalah membersihkan seluruh area hotel baik didalam maupun luar area hotel, contohnya di daerah parkiran dan termasuk sekitar area hotel.
Yang menjadi area kebersihan Housekeeping Department adalah Guest Room, Public Area, Corridors,Swimming Pool, Back Office, Emmployee Locker Room dan semua area hotel baik didalam maupun diluar yang termasuk dalam area hotel.
Housekeeping terbagi menjadi 4 divisi :
1. Floor Section
2. Houseman Section
3. Linen & Uniform Section
4. Loundry Section
Setiap Divis harus menjalakan tugasnya masing-masing atau lebih dikenal dengan istilah Job Deskripsi.
B. Struktur Organisasi Housekeeping
Struktur Organisasi Housekeeping akan berbeda menurut besar kecilnya Perushaan dan jenis Perushaan tersebut dalam hal ini Hotel atau Restaurant. Misalanya dalam sebuah Hotel yang dapat menampung tamu 300-400 orang dengan menyediakan kamar yang akan berbeda Sturktur Organisasinya dibanding dengan Hotel yang menampung kurang dari itu atau lebih dari mempunyai beberapa seksi/bagian outlet seperti di Hotel-hotel besar. Walaupun pada kenyataan ada dua Hotel yang boleh dikaitkan sama namun dalam Struktur Organisasi pasti akan ditemui akan adanya perbedaan tegantung pada kamar yang akan dijual, adanya seksi/bagian atau outlet, volume pekerjaan yang tidak sama atau aturan-aturan yang berbeda, tegantung siapa yang menjadi Manager nya.
Pada umumnya dapat di jumpai Struktur Organisasi Housekeeping sebagai berikut :
• Hubungan Housekeeping Department dengan Department lain
Hubungan bagian Housekeeping dengan bagian Office
1) Housekeeping dan Front Office merupakan room devison yang saling terkait dalam proses penyiapan dan penjualan kamar-kamar
2) Housekeeping menyimpan dan membuat laporan Lost & Found dan konfirmasi pada Front Office
3) Housekeeping melaporkan status kamar yang sebenarnya pada Front Office
4) Housekeeping menyiapkan kamar-kamr dan konfirmasi pada Front Office bahwa kamar siap dijual
5) Front Office mengirimkan laporan kamr-kamar occupied pada Housekeeping
6) Front Office menginformasikan kamr-kamar baru Chek-in pada Housekeeping
7) Front Office menginformasikan kamar-kamar Chek-out maupun daftar akan Chek-out pada Housekeeping
8) Front Office menginformasikan kamar-kamar change room pada housekeeping
9) Front Office membuat laporan perbedaan room status ( room descipany ) pada Housekeeping
10) Front Office menginformasikan permintaan extra dan complain dari tamu pada Housekeeping
Hubungan bagian Housekeeping dengan bagian Binatu ( Laundry )
Hubungan ini meliputi pengambilan dan serta terima Guest laundry, linen-linen, uniform kotor dan bersih dan saling menginformasikan tentang keluhan pencucian
Hubungan bagian Housekeeping dengan bagian Enggenering
Hubungan ini erat sekali karena menyangkut oprasional hotel dalam hal pemeliharaan dan perbaikan dari fasilitas hotel terutama yang digunakan untuk kepentingan tamu
Hubungan bagian Housekeeping dengan bagian Purchasing
Hubungan ini dalam hal pembelian peralatan dan perlengkapan yang sesuai dengan oprasional Housekeeping
Hubungan bagian Housekeeping dengan bagian HRD
Berupa urusan kepegawaian seperti permintaan tenaga kerja, pelantikan pegawai, program training, gaji, tunjangan, cuti pegawai, urusan, jaminan sosial dan lain-lain
Hubungan bagian Housekeeping dengan bagian Security
Hubungan ini meliputi pelaporan dan pengawasan keamanan dan keselamatan dalam hotel terutama kamar-kamar dan public area serta barang-barang milik tamu
Hubungan bagian Housekeeping dengan bagian Food & Beverage
Hubungannya berkaitan dengan pelayanan Room Service, menu dikamar, clear up dan FB product menyiapakan makanan
C. Pelaksanaan
a. Kegiatan Room Maid
- Pengertian Room Maid
Seksi kamar atau biasa disebut denga Room Maid adalah personil di sebuah hotel yang bertugas dalam hal pemeliharaan kamar-kamar hotel. Untuk petugas pria di sebut Room boy dan wanita disebut Room maid. Seksi ini bertanggung jawab terhadap pemeliharaan kamar tamu hotel, yang meliputi kebersihan, kerapian, keindahan dan kenyamanan tamu di hotel. Selain itu pihak houskeeping khusunya seksi kamar dituntut untuk memberikan pelayanansebaik-baiknya sehingga tamu merasa puas.Tugas dan Tugas Tugas dan Tanggung Jawab Room Maid sebagai berikut :
1. Datang 15 menit sebelum bertugas, memakai uniform lengkap dan merapikan diri, dan langsung absen menggunakan sidik jari.
2. Menghadiri briefing housekeeping dan melakukan serah terima pekerjaan seperti :
a. menerima lembaran penugasan (room assignment).
b. menerima dan membaca buku harian roomboy report
c. serah terima kunci kamar
3. Menerima arahan dan bimbingan dari atasan terhadap cara kerja yang sistematis efektif dan efisien.
4. Menerima dan melaksanakan tugas terhadap pekerjaan yang harus dikerjakan dari atasan.
5. Melakukan preparing dengan baik seperti :
a. membersihkan trolly dan menata peralatan kerja dan menata perlengkapan guest room, linen room dan guest supliess untuk kelancaran kerja.
6. Memeriksa seluruh kamar yang menjadi tanggung jawab dan menuliskan status kamar pada room assignment sheet.
7. Memeriksa dengan teliti atas kamar kamar yang akan digunakan hari ini berdasarkan expected arrival list dari FO.
8. Melaporkan kerusakan yang terjadi dalam guest room pada atasan atau departemen terkait untuk langsung diperbaiki (jika ada).
9. Melaporkan lost and found / barang tamu yang tertinggal pada atasan (jika ada) sesuai dengan standar operasional dan prosedur perusahaan.
10. Membersihkan guest room dan memberikan pelayanan atas segala kebutuhan tamu yang menginap sesuai dengan standar operasional dan prosedur perusahaan.
11. Melaksanakan dan menjalankan prosedur keselamatan,keamanan,hygenis dan sanitasi untuk kepentingan tempat kerja,diri sendiri,rekan kerja dan tamu.
12. Mendokumentasikan kegiatan dan hasil pekerjaan hari ini, seperti :
a. mengisi atau mencatat pada room assigment sheet tentang laporan status kamar dan
b. pemakaian serta penggantian linen dan perlangkapan di kamar.
13. Merapikan trolley dan membersihkan pantry jika kegiatan pembersihan kamar sudah selesai.
14. Menyerahkan kembali room assigment sheet kepada atasan.
1. Alat-Alat Yang Digunakan:
1. Floor broom
2. Mop
3. Dushpen
4. Cady
5. Toilet bowl brush
6. Sponge
7. Ped
8. Hand brush
9. Bottle sprayer
10. Squis
2. Chemical yang digunakan:
Go Getter : untuk membersihkan toilet bowl
Forward : untuk membersihkan washtafel
Shine Up : untuk membersihkan permkaan mebel dari kotoran
Glass Cleaner : untuk membersihkan permukaan kaca
Air freshener : untuk pengharum ruangan
Floor Cleaner : untuk membersihkan lantai
3. Supplies yang digunakan:
Linen supplies
1. Double sheet (seprei untuk double bed)
2. Single sheet (seprei untuk single bed)
3. Pillow case (sarung bantal)
4. Bath towel (handuk mandi)
5. Hand towel (handuk tangan)
6. Face towel (handuk muka)
7. Bath mat
4. Bathroom supplies
1. Shampoo and conditioner
2. Bath gel
3. Tooth brush kit
4. Shower cap
5. Sewing kit
6. Cotton buds
7. Bath soap
8. Tissue roll
9. Tissue box
10. Sanitary bag
5. Printing supplies and stationary kit:
1. Pencil
2. Memo pad
3. Guest comment
4. Don’t disturb sign
5. Minibar list
6. Laundry list
7. Laundry bag
8. Slipper
9. Room service menu
10. Hotel Directory
6. Room supplies:
1. Ashtray
2. Gelas minum
3. Water jug
a. Menata trolley dan perlengkapan
Room maid trolley biasanya disimpan di pantry, yaitu ruangan yang luasnya seukuran kamar untuk menyimpan semua kebutuhan untuk satu lantai. Dalam satu lantai terdapat beberapa trolley, dimana jumlah trolley disesuaikan dengan jumlah kamar. Sebagian besar trolley memiliki tiga rak. Masing-masing rak mempunyai fungsi khusus. Dua rak paling bawah untuk menempatkan linen dan rak paling atas untuk meletakkan aminities kamar. Penempatan sheet sebaiknya ditata menurut jenisnya seperti single sheet, double sheet, pillow case, dll.
Hal yang perlu diperhatikan room attendant ketika menggunakan trolley adalah sebagai berikut:
1. Trolley ditempatkan dekat dengan dinding dan tidak menghalangi koridor
2. Trolley didorong bukan ditarik
3. Trolley harus selalu dalam keadaan bersih dan rapi sehigga enak dipandang mata
4. Usahakan untuk tetap menempatkan trolley dekat dengan area kerja
5. Jagalah barang-barang pada trolley tetap tertata rapi pada tempatnya
6. Jangan pernah mengisi trolley melebihi kapasitas. Room attendant harus tetap dapat melihat arah ke depan
7. Lengkapi trolley dengan persediaan yang cukup agar pekerjaan menjadi efisisen
b. Prioritas pembersihan kamar
1. Kamar-kamar yang telah meminta untuk dibersihakan terlebih dahulu, biasanya dipasang tanda ”please make up my room”
2. Kamar-kamar yang berangkat pagi ( early check out )
3. Kamar-kamar check out yang lain
4. Kamar-kamar occupied
5. Kamar-kamar yang meminta dibersihakan pada waktu waktu terakhir (siang hari )
C. Membersihkan dan merapikan kamar
1. Mengetuk pintu kamar / knocking the door
Sebelum memasuki kamar tamu, ketuk pintu menggunakan jari tengah. Setelah mengetuk pintu, ucapkan identitas departemen seperti ”Room boy”, ”Room maid”, atau ”housekeeping”. Kemudian tunggu 5 sampai 10 menit, jika belum ada jawaban ulangi mengetuk pintu, setelah tiga kali tidak mendapat jawaban, buka pintu pelan-pelan sambil mengucapkan ”Housekeeping, may i come in, please?”
2. Memasuki kamar tamu / entering the guestroom
a. Apabila tamu ada di dalam kamar ucapkan “I am sorry to disturb you, May I clean your room”. Dari jawaban tamu, anda akan mengetahui apakah harus kembali lagi pada waktu yang ditentukan oleh tamu atau boleh masuk dan membersihkan pada waktu itu juga.
b. Apabila tamu masih tertidur, tinggalkan kamar dengan menutup pintu kembali perlahan-lahan.
c. Apabila anda mendengar suara yang menunjukkan tamu sedang di kamar mandi, tinggalkan kamar dengan menutup pintu pelan-pelan. Jika tamu mendengar anda masuk sementara ia masih di kamar mandi, minta maaflah dan katakan anda akan kembali lagi nanti.
d. Apabila tamu kebetulan tidak berada di dalam kamar, lanjutkan dengan pembersihan kamar sesuai standar.
e. Apabila kamar tamu masih dalam tanda ”Do Not Disturb” hingga siang hari, maka laporkan kepada supervisor
f. Laporkan juga kepada supervisor menenai kamar-kamar yang dikunci ganda dan tidak merespon panggilan anda.
3. Pekerjaan awal / beginning tasks
a. Nyalakan semua lampu yang ada
b. Buka tirai kamar dan perikasa keadannya
c. Periksa pengatur pendingin ruangan (AC)
d. Periksa kondisi kamar dan peralatan electronik secara keseluruhan
e. Angkat semua linen kotor kamar mandi dan tampung di kantong linen kotor pada trolley
f. Angkat asbak dan gelas kotor. Buang abu rokok di tempat sampah dan bawa asbak dan gelas kotor tersebut ke kamar mandi, rendam di wash basin menggunkan air hangat. Kemudian ambil semua sampah, tampung sampah tersebut di kantong sampah pada trolley. Keluarkan tray, gelas, botol dan peralatan room service tempatkan di pinggir koridor. Telepon seksi room service untuk mengambilnya
g. Pada kamar occupied, rapikan majalah, koran-koran, kertas-kertas lainnya. Jangan pernah membuang kertas atau barang yang anda anggap tidak penting di dalam kamar occupied kecuali barang tersebut sudah berada di tempat sampah.
h. Jika membersihkan kamar check out, periksa laci meja untuk memastikan tidak terdapat barang-barang tamu yang tertinggal
4. Menata tempat tidur / make up bed
Untuk kamar occupied, pembersihan utama dimulai dari penataan tempat tidur, karena penampilan tempat tidur akan mempengaruhi penilaian tamu terhadap keseluruhan kamar. Meskipun kamar mandi dan tempat lain belum dikerjakan, namun apabila tempat tidur sudah di-make up, kesan bersih dan rapi dapat diciptakan. Disarankan untuk stripping bed (melepas linen-linen tempat tidur) segera setelah memasuki kamar tamu. Sebelum striping bed pindahkan barang-barang milik tamu yang mungkin diletakkan di atas tempat tidur, letakkan di tempat yang mudah dilihat seperti di bed side table agar setelah selesai make up barang tersebut dapat dikembalikan pada posisi semula di atas tempat tidur.
Make up bed dengan 3 sheet
• Tarik bed kurang lebih 30 cm untuk memberikan space bekerja.
• Lepaskan sheet kotor dari bed, pastikan bed pad terpasang dengan rapi.
• Dengan posisi membelakangi headboard, tebarkan bottom sheet secara merata dengan posisi garis setrikaan sheet di tengah-tengah. Tarik sheet sampai ke bagian bawah mattress, kurang lebih 5 cm dari lantai. Masukkan seprai ke dalam bed, bentuk lipatan segitiga pada bagian kanan dan kiri tempat tidur.
• Tebarkan sheet kedua, tarik sheet sampai ujung sheet sejajar dengan bagian pinggir depan tempat tidur.
• Tebarkan selimut sambil menariknya sampai ke bagian atas tempat tidur sisakan space kurang lebih 30 cm.
• Tebarkan sheet ketiga, tarik hingga sejajar dengan sheet kedua.
• Lipat sisa antara ujung sheet kedua dan ketiga ke arah ujung selimut dua kali dan rapikan.
• Masukkan ujung kanan dan kiri, melangkah ke bagian kaki tempt tidur, tarik sheet satu per satu mulai dari sheet kedua, selimut dan sheet ketiga. Tarik hingga tidak terdapat lipatan. Masukkan ujung sheet ke dalam bed. Bentuk lipatan segitiga pada bagian kanan dengan lipatan berada disamping lanjutkan membuat lipatan segitiga di sebelah kiri.
• Masukkan pillow ke dalam pillow case, tempatkan di bagian atas tempat tidur dan pasang bed runner.
• Terakhir dorong kembali bed ke headboard
Make Up Bed Dengan Duvet
a. Pada setiap pojok inner maupun cover duvet terdapat tali atau perekat. Pasang duvet dengan posisi dibalik atau jahitan berada di luar. Hubungkan tali-tali tersebut satu persatu menurut ujungnya.
b. Baliklah inner inner dan cover sehingga posisi normal inner berada di dalam cover. Rekatkan perekat lubang bawah, lalu tebarkan sehingga posisi inner di dalam mengisi secara rata di dalam covernya.
c. Pemasangan pada tempat tidur/mattres lebih baik dimulai dari kaki bed sehingga patokan tinggi rendah yang menutupi mattress. Lalu lipat bagian atas/ kepala mattress keluar ke arah kaki bed sekitar 10 cm, kemudian diatasnya diletakkan pillow
Membersihkan bathroom
• Mulailah pembersihan dari objek teratas menuju objek terendah untuk menghindaripengotoran objek yang dibersihkan. Sebaiknya caddy dibawa masuk ke bathroom agar tidak kembali keluar untuk mengambil peralatan.
• Cuci gelas, sendok cangkir yang ada di kamr di wash basin kemudian keringkan. Periksa jika ada yan rusak.
• Bersihkan kotoran kotoran pada wash basin menggunakan forward, gosok menggunakan ped kemudian keringkan menggunakan OO towel atau rug.
• Bersihkan dan kilapkan cermin wash basin menggunakan glass cleaner. Semprotkan glass cleaner ratakan menggunakan sponge kemudian seka dengan glass squeeze.
• Membersihkan Bathtub, tuangkan bahan pembersih pada bathub termasuk tempat sabun gosok menggunaka ped, bilas dan keringkan. Basahi shower kemudian lap. Pastikan posisi shower terpasang sesuai standar. Bersihkan kotoran yang terdapat di saluran air/drain. Bersihkan dinding kamar mandidan kilapkan fitting yang terbuat dari crome termasuk shower curtain rail. Posisikan tirai kamar mandi.
• Membersihakn toilet bowl, tekan flusher untuk menyemburkan air pada toilet buka tutup toilet kemuadian tuangkan go getter diamkan beberapa menit hingga bereaksi, gosok menggunakan toilet bowl brush kemudian tekan flusher untuk membilas toilet. Lap bagian luar dan bawah toilet, tempat duduk dan tutup toilet. Tutup kembali toilet. Kemudian keringkan lantai bathroom.
Mengganti linen dan amenities bathroom.
Periksa kebersihan dan kondisi semua linen di kamar mandi. Jika terdapat noda atau kerusakan ganti dengan yang baru. Ambil bathroom linen dari trolley
kemudia lipat sesuai dengan standar hotel.
Lipat toilet paper dan facial tissue sesuai standar hotel. Lengkapi aminities kamar mandi sesuai standar hotel.
1) Dusting
Damp dusting :
Damp dusting adalah mengelap menggunakan lap yang lembab, dengan tehnik searah jarum jam dan dari atas ke bawah. Dimulai dari belakang pintu, wardrobe, coffee table dan seterusnya.
Dry dusting :
Dry dusting adalah mengelap menggunakan lap kering, dengan tehnik dari atas ke bawah. Digunakan untuk mendusting permukaan kaca.
Pada saat dusting, langsung merapikan room facilities dan melengkapi room facilities yg kurang.
2) Sweeping
Sapu dari pojok terjauh dengan pintu masuk, terutama di belakang korden, bawah sofa, kursi, bed side table dan luggage rak.
3) Moping
Moping dilakukan dari pojok terjauh dan dilakukan dengan tehnih menarik kotoran yg tersisa seperti debu dan serpihan-serpihan.
4) Final check
Chek semua kelengkapan kamar, dan jangan sampai meninggalkan alat-alat di kamar. Jika dirasa sudah lengkap tutup pintu dan isi inventori sesuai dengan nomer kamar dan semua yg diganti.
D. JOB DESKRIPSI
Struktur organisasi di Tata Graha atau Housekeeping dipengaruhi oleh besar atau kecilnya hotel, banyak atau sedikitnya karyawan serta system oprasional yang digunakan dihotel. Semakin besar hotel, semakin rumit pula struktur yang digunakan, begitu pula sebaliknya jika hotel itu kecil, maka struktur organisasinya pun sederhana. Berikut ini adalah deskripsi pekerjaan dibagian tata graha atau housekeeping yaitu :
a. Tugas dan Tanggung Jawab Executive Housekeeper
1. Melakukan rekrument karyawan,mewawancara,melatih serta mengawasi serta melakukan penilaian,evaluasi atau teguran terhadap karyawan secara berkala.
2. Menyiapkan job description dan standar operating procedure Housekeeping.
3. Memberi penugasan dan arahan terhadap tugas-tugas yang ahrus dilakukan karyawan di bagian Housekeeping.
4. Membantu Room Division Manager dan General Manager terhadap program perawatan atau perbaikan yang bersangkutan dengan area tanggung jawab housekeeping,terutama di kamar tamu dan public area.
5. Melakukan pengontrolan,permintaan barang atau pembelian barang-barang yang diperlukan dalam operasional sehari-hari di housekeeping,seperti gest supplies,gues room supplies,linen dan sebagainya agar sesuai dengan par stock yang di tentukan.
6. Melakukan program pengadaan dan pembelian FF&E (furniture,fixture,& equitment) baik untuk housekeeping atau pun laundry sesuai dengan sfesifikasi yang di butuhkan.
7. Melakukan pengawasaan pengadaan barang dan pembelian peralatan yang di sediakan untuk operasional sehingga berfungsi sesuai dengan standar yang di tentukan,baik di housekeeping maupun di laundry.
8. Melakukan pemeriksaan secara rutin terhadap proses pelaksanaan pencucian laundry,baik untuk house laundry maupun untuk guest laundry.
9. Melakukan pengawasan terhadap lost and found.
10. Membuat program pelatihan (training program) terhadap seluruh karyawan
b. Tugas dan Tanggung Jawab Asst. Executive Housekeeper
1. Membantu Executive Houseekeper dalam mengelola dan mengawasi semua operasional harian housekeeping dan memberi dukungan berupa pelatihan,coaching dan konseling kepada semua staff housekeeping demi mencapai tujuan bersama.
2. Bertanggung jawab terhadap operasional sehari-hari atau melakukan penyelesaian masalah yang terjadi.apabila melakukan perubahan dalam mengambil keputusan harus di konsultasikan terlebih dahulu dengan Executive Housekeeper.
3. Memberikan penugasan dan arahan terhadap tugas-tugas yang harus di jalankan oleh karyawan di Housekeeping serta meyakinkan bahwa pelaksanaan kerja di jalankan sesuai dengan standar yang ditentukan.
4. Menyusun jadwal kerja yang di sesuaikan dengan kondisi dan situasi yang berpengaruh pada ocupancy (tingkat hunian kamar).
5. Membantu Executive Housekeeper terhadap pengusunan program perawatan dan perbaikan yang bersangkutan dengan area tanggung jawab Housekeeping,terutama di kamar tamu dan pubic area.
6. Melakukan pengontrolan persediaan atas barang yang diperlukan dalam pengoperasian sehari-hari di Housekeeping,guest room supplies,linen dan sebagainya agar sesuai dengan per stock yang di tentukan,dan memberikan laoran terhadap executive housekeeper apabila kondisi memerlukan penggantian atau penambahan stock baru.
7. Melakukan pengawasan terhadap penggunaan peralatan yang di sediakan untuk operasional di Housekeeping sehingga berfungsi sesuai standar yang di tentukan.
8. Melakukan pemeriksaan secara rutin terhadap proses pelaksanaan perawatan dan penyimpanan linen/uniform.
9. Melakukan pengawasan terhadap lost and found dan meyakinkan bahwa prosedur berjalan sesuai dengan yang telah di tentukan.
10. Membuat program pelatihan (training program) terhadap seluruh karyawan Housekeeping secara rutin.
11. Menjalankan tugas yang di berikan Executive Housekeeper atau Room Devision Manager.
c. Tugas dan Tanggung Jawab Housekeeping Secretary/Order Taker
1. Membuat Work schedule utk Floor Supervisor/houseman Supervisor, Office Clerk, maupun Room attendant /Public Area attendant.
2. Membuat laporan harian, Mingguan, maupun bulanan atas penggunaan berbagai obat pembersih oleh Room Attendant/Houseman
3. Menerima, mencatat, menyimpan dan merawat barang temuan milik tamu di area hotel
4. Melayani penukaran jadwal kerja , laporan lembur
5. Melayani permohonan ijin, cuti, dll
6. Membuat pengumuman untuk HK crew
7. Mencatat dan melaporkan kpd EHK bila ada barang milik hotel dibawa tamu saat CO /Dirusak oleh tamu
8. Melaporkan kpd EHK bila ada complaint tamu yg tdk dpt diatasi oleh Sup
9. Membuat jadwal in house training bagi karyawan HK
10. Mengarsipkan surat keluar, surat masuk dll
11. Menerima telpon dari dari dept lain serta menindak lanjuti
12. Menerima order/permintaan tamu dr dlm kamar dan menyampaikannya kpd roomboy utk segera menindaklanjuti
13. Membuat Work order, Purchase Requisition, Membuat Store Room Requiisition, Housekeeping Report, Menerima Banquet Event Order
d. Tugas dan Tanggung Jawab Supervisor Public Area
Bertanggung jawab terhadap kebersihan, kerapian dan pemeliharaan Public area, seperti lobby, F&B outlet, meeting room, offices, parking area, swimming pool, public toilet dan sebagainya, dan pelaksanaan kerja public area dalam menjalankan pelayanan Housekeeping yang nyaman dan menyenangkan terhadap tamu, sesuai dengan standard dan prosedur yang ditentukan, uaraian tugas Public Area Supervisor adalah sebagai berikut :
1. Bertanggung jawab terhadap kebersihan public area sesuai dengan standard dan prosedur yang ditentukan.
2. Memberikan penugasan dan arahan terhadap tugas-tugas yang harus dijalankan oleh Public area Attendant, Night Cleaner, Toilet Attendant, Florist serta meyakinkan bahwa pelaksanaan kerja dijalankan sesuai dengan standard yang ditentukan.
3. Melakukan handing over dengan dengan shift sebelumnya pada saat akan memulai kerja, dan handing over dengan shift berikutnya pada saat akan menyelesaikan tugas dan mendelegasikan tugas-tugas yang harus dilanjutkan kepada shift berikutnya dengan jelas.
4. Memeriksa daftar kehadiran Staff public area setiap hari.
5. Memeriksa kondisi area umum secara teliti. Pemeriksaan kamar harus berdasarkan kebersihan, kerapian, kelengkapan dan fungsi dari peralatan atau fasilitas yang ada di area masing-masing.
6. Memeriksa secara teliti atas ruangan-ruangan restoran, bar, ruang rapat dan sebaginya yang telah dikerjakan oleh Staff pada hari itu.
7. Melengkapi laporan dalam Public area Supervisor Log book setiap shift.
8. Membuat laporan Maintenance Request kepada Engineering dan menindaklanjuti area-area, fasilitas atau peralatan memiliki kerusakan, mengawasi pengerjaan dan memeriksa kembali hasil pengerjaannya.
9. Memeriksa kebersihan, kerapian dan kelengkapan peralatan keperluan seperti janitor trolley, cleaning supplies, cleaning agents dan cleaning equipment baik di area maupun di janitor room atau Pantry.
10. Bertanggung jawab terhadap biaya dan penggunaan barang-barang keperluan seperti cleaning agents, supplies dan equipment.
11. Membuat program pelatihan (training program) terhadap Staff Public area secara rutin.
12. Mengawasi pelaksanaan program pemeliharaan atau pembersihan
13. secara berkala, seperti kristalisasi atau re-coating lantai marmer, pencucian lantai karpet, pembersihan kaca jendela, general cleaning dan sebagainya.
14. Melakukan pemeriksaan atau inspeksi area secara rutin untuk meyakinkan kualitas pemeliharaan kebersihan public area terjaga baik sesuai dengan standard yang ditentukan.
15. Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas yang diberikan oleh Assistant Executive Housekeeper atau Floor Housekeeper serta melaporkan hasilnya.
16. Melakukan kerjasama yang erat dan baik dengan semua bagian, seperti Floor, Linen/Uniform dan Laundry, serta dengan departemen lain, terutama Front office dan Engineering untuk meyakinkan koordinasi atas pelayanan kamar yang prima serta perawatan kamar dan public area yang terbaik.
17. Mengadakan briefing rutin setiap hari, baik pagi hari atau handing over sore hari, dan pertemuan berkala, baik mingguan atau bulanan dengan Staff Public area untuk melakukan koordinasi operasional serta saling bertukar pikiran (sharing idea) untuk meningkatkan dan memperbaiki kualitas pekerjaan dan pelayanan.
18. Menjalankan prosedur keamanan, keselatnatan, higienis dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu, orang lain dan diri sendiri.
19. Menjalankan tugas yang diberikan oleh Public area Housekeeper atau Executive Housekeeper/Assistant atau Floor Housekeeper
e. Tugas dan Tanggung Jawab Supervisor Room
1. Membantu Executive Housekeeper dalam mengatur dan mengawasi kelancaran kerja staff yang berada pada department Housekeeping
2. Bertanggung jawab atas kebersihan kamar sesuai dengan standard dan prosedur yang telah di tentukan.
3. Memberikan penugasan dan arahan terhadap tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh karyawan di floor section serta meyakinkan bahwa pelaksanaan kerja sesuai dengan standar yang di tentukan.
4. Memberikan pengarahan dan bimbingan kepada Room Attendant dan Order taker terhadap cara-cara yang sistematis dan evisient.
5. Melakukan hending over dengan floor supervisor pada saat akan melakukan kerja dan handling over pada saat akan menyelesaikan tugas.
6. Memeriksa daftar kehadiran Room Attendant dan Ordet taker setiap saat.
7. Memeriksa kondisi kamar dan melaporkan status kamar sesuai dengan pemeriksaan yang ada pemeriksaan kamar harus berdsarkan atas kebersihan,kerapihan,kelengkapan,dan fungsi dari peralatan kamar.
8. Memeriksa secara teliti atas kamar-kamar yang akan di gunakan hari itu berdasarkan Expected Arrival oleh Front office.
9. Memeriksa kerapihan,kebersihan, dan kelengkapan peralatan keperluan Floor Section seperti Tolly,linen,ameneties,cleanind Suplies,cleaning agent,dan cleaning equipment baik di floor station atau pantry,maupun di trolly yang disediakan di setiap lantai.
10. Menjalankan procedure keamanan,keselamatan,higinies,dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu,orang lain dan diri sendiri.
11. Menjalankan tugas yang diberikan oles Executive Housekeeper/assistant.
f. Tugas dan Tanggung Jawab Linen Supervisor
1. Bertanggung jawab thd operasional sehari-hari serta melakukan penyelesaian masalah yg terjadi di Linen Room
2. Melakukan pengawasan dan pengontrolan terhadap linen yg dikirim ketiap-tiap floor maupun F&B outlet
3. Membuat laporan dan data-data linen dan uniform yg diserahkan kpd Ast EHK
4. Melakukan pengawasan thd penggunaan peralatan yg disediakan utk operasional di Linen & Uniform room
5. Melakukan inventarisasi secara berkala terhadap semua linnen & Uniform
g. Tugas dan Tanggung Jawab Room Attendant
1. Menerima penugasan dan pengarahan dari floor Supervisor.
2. Melakukan handing over dari Room attendant night shift,morning shift dan evening shift
3. Menyiapkan trolley dgn perlatan kerja, guest suplies, cleaning supplies dan linen untuk setiap floor station ( dilakukan room attendant night shift)
4. Memerikasa status kamar sesuai dgn EA diarea yg ditugaskan, kondisi dan melaporkan status kamar sesuai dgn hasil pemeriksaan
5. Melaporkan pada Floor Supervisor jika terjadi perbedaan status kamar
6. Membersihkan kamar sesuai dgn SOP
7. Melakukan turn down service dan membersihkan kamar yg late check-out, membantu pengiriman laundry yg bersih ke kamar ( diilakukan room attendant evening shift)
8. Membuat room attendant report dan mengembalikan kunci pada saat akhir penugasan
9. melaporkan kepada Floor Supervisor / order taker jika ada barang tamu yg tertinggal
10. Menjaga penggunaan dan pemakaian atas biaya yg dikeluarkan untuk penggunaan guest suplies dan cleaning supplies
h. Tugas dan Tanggung Jawab Houseman Attendant
1. Melakukan handing over dengan shift morning, evening and night cleaner pada saat menyelesaikan tugas
2. Membersihkan standing ashtray di area lobby dan area umum lainnya
3. Melakukan dusting di tangga, furniture, public area
4. Membersihkan, sampah, lantai dengan sweeping dan mopping, kaca dan jendela di lobby, toilet dan area umum lainnya
5. Membersihkan restaurant atau F&B Outlet setelah makan pagi, siang dan malam.
6. Membersihkan back office, setelah office hour dan employee room, kantin, koridor dan ruang parkir
7. Membantu membuang sampah dan linen kotor dari room attendant trolley
8. Menjaga kondisi meeting room, ruang banquet dalam keadaan rapi dan bersih
9. Mengikuti briefing setiap hari
i. Tugas dan Tanggung Jawab Linen Attendant
1. Mengatur dan menyiapkan linen yang akan di pakai oleh HK serta F&B outlet
2. Menyiapkan towel untuk HK
3. Menerima linen kotor
4. Menerima linen bersih yang sudah dicuci dari laundry, memeriksa, menghitung, mencatat dan menyimpannya
5. Memelihara linen
6. Melakukan pengecekan linen yg akan dikirim
7. Melakukan inventarisasi secara berkala
8. Membuat laporan linen yg hilang
9. Menjaga keamanan dan kebersihan linen room
j. Tugas dan Tanggung Jawab Mini Bar
1. Mengecek Mini Bar yang ada di kamar saat tamu check out
2. Melengkapi minuman yang kurang di mini bar
3. Membersihkan mini bar saat tamu check out
k. Tugas dan Tanggung Jawab Pool Supervisor
1. Menjaga dan Memelihara kebersihan sekitar kolam.
2. Menjaga kebersihan air kolam.
3. Menjaga PH air tetap normal
4. Memvakum dasar kolam dari kotoran yang tenggelam ke dasar.
5. Membalancing air yang ada di ruang balancing dan mesin pompa
6. Merawat mesim Pompa supaya awet sebagai salah satu Work and Duties petugas kolam
7. Menjaga kualitas air dengan memperhatikan kejernihannya.
8. Responsibilities dalam Menjaga agar air kolam tidak berbau.
9. Menjaga permukaan kolamm bebas dari sampah dedaunan.
10. Menjaga dan mengumpulakn handuk yang sudah selesai dipergunakan oleh tamu
11. Mengembalikan handuk kotor ke bagian linen atau laundry.
12. Mengambil handuk baru atau bersih ke bagian Linen.
13. Tanggung Jawab dalam Memasang dan menyediakan payung dikolam atau sekitar area kolam.
14. Memiliki Tugas melayani dan menyediakan meja kursi untuk tamu si kolam area.
BAB 3
PENUTUP
A. Kesimpulan
Sealama melaksanakan PKL di Sari Ater Hotel penulis dapat menyimpulkan bahwa materi yang diberikan dari hotel tidak jauh berbeda dengan yang di berikan di sekolah. Namun materi yang diberikan dihotel lebih detail dan dipraktekan secara langsung sedangkan disekolah kita mendapatkan materi saja jarang dipraktekan.
B. Saran
1. Saran untuk Hotel
A. Dengan semakin banyaknya pengunjung ke Sari Ater Hotel alangkah baiknya jika dilakukan penambahan karyawan
B. Alangkah baiknya bila sering dilakukan briefing sesuai dengan departement nya yang dipimpin oleh departement head masing-masing agar dapat meningkatkan sumber daya manusia yang profesional
C. Dapat meningkatkan tanggung jawab setiap karyawan sesuai dengan tugasnya masing-masing, agar tidak terjadi kesalah pahaman
D. Lebih disiplin dalam bekerja
E. Meningkatkan kebersamaan dalam bekerja
2. Saran untuk Sekolah
A. Alangkah baiknya jika dalam proses pembelajaran lebih diperbanyak praktikum sebanding dengan teori
B. Alangkah baiknya peralatan praktik yang tersedia disekoalh di rawat dengan baik, sehingga pada saat praktik fasilitas yang akan digunakan bisa berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan
C. Alangkah baiknya peralatan praktik yang ada di sekolah di lengkapi agar para siswa/siswi dapat mengetahui lebih luas tentang peralatan yang ada di hotel
D. Sebaiknya sekolah sering mengadakan study banding ke hotel ataupun ke sekolah perhotelan lainnya, agar para siswa/siswi dapat bergerak untuk lebih semangat dan giat dalam belajar
E. Sebaiknya di sekolah sering di adakan praktikum di bandingkan teori
LAMPIRAN-LAMPIRAN
=========================================================
sejarah ciater subang jawa barat,sejarah berdirinya ciater bandung,h.a soewarma,proses terjadinya air panas sari ater subang,asal usul ciater,sejarah berdirinya ciater bandung,sejarah ciater subang jawa barat,proses terjadinya air panas sari ater subang,pemandian air panas ciater sari ater,unsur kimiawi yang terkandung dalam air panas ciater,sejarah cibaduyut,pemandian air panas ciater kabupaten subang,jawa barat
No comments:
Post a Comment