TUGAS PROYEK B.INDONESIA
WASPADAI BELANJA ONLINE
Kelompok 7
Ketua: Andini alfiani
Anggota: 1. Nurunnisa.a
2. Syaifanni.n.r
3.Rifki.s
4.Rais.c
TAHUN AJARAN 2017/2018
========================================================================
NO
|
JENIS INFORMASI
|
KETERANGAN
|
1.
|
NAMA KELOMPOK
|
|
2.
|
KELAS
|
IX B
|
3.
|
KETUA DAN ANGGOTA
|
KETUA: ANDINI.A
ANGGOTA: 1.SYAIFANNI.N.R
2.NURUNNISSA.A
3.RIFKI.S
4.RAIS.C
|
4.
|
JUDUL/TOPIK PROYEK
|
PENYUSUNAN TEKS EKSEMPLUM YANG BERJUDUL WASPADAI BELANJA
ONLINE
|
5.
|
JENIS TUGAS
|
TUGAS KELOMPOK
|
6.
|
SUMBER BAHAN
|
MEDIA INTERNET
|
7.
|
CARA PENGUMPULAN BAHAN
|
STUDI KEPERPUSTAKAAN DAN STUDI LAPANGAN
|
8.
|
CARA ANALISIS BAHAN
|
a.PENYUSUNAN KALIMAT TOPIK PADA SETIAP STRUKTUR BAGIAN
TEKS
b.PENGEMBANGAN KALIMAT TOPIK DENGAN KALIMAT PENGEMBANG
c.PENYUSUNAN PARAGRAF YANG SESUAI DENGAN STRUKTUR TEKS
EKSEMPLUM,
d.PENYUNTINGAN KALIMAT YANG DISESUAIKAN DENGAN UNSUR
KEBAHASAAN TEKS EKSEMPLUM,
e.PENGGABUNGAN PARAGRAF MENJADI TEKS EKSEMPLUM YANG
PADU
|
9.
|
WUJUD ANALISIS
|
TEKS EKSEMPLUM DENGAN URUTAN STRUKTUR
(ORIENTASI,INSIDEN,INTERPRETASI)DAN PENGGUNAAN UNSUR BAHASA YANG TEPAT
|
10.
|
CARA PELAPORAN
|
PRINT DAN KETIK
|
11.
|
JADWAL PELAKSANAAN
|
TIGA MINGGU
a.MINGGU 1: PENGUMPULAN DATA
b.MINGGU 2: PENGOLAHAN DATA
c.MINGGU 3: PELAPORAN
]PENYUSUNAN TEKS, DAN PUBLIKASI
|
NO
|
DATA
|
PENGOLAHAN DAT A
|
STRUKTUR
|
1.
|
APRILLIA PARAMITASAR,
KOMASIANER
KOMPASIANA
|
APRILLIA PERMATA SARI ADALAH SEORANG KOMPASIANER,
ANGGOTA JEJARING BLOG KOMPASIANA
|
ORIENTASI
|
2.
|
FACEBOOK
|
SELAIN KOMASIONER, APRILLIA JUGA PENGGUNA JEJARING
FACEBOOK
|
|
3.
|
KAKA,PACAR, TEMAN
|
APRILLIA MEMILIKI SEORANG KAKAK DAN PACAR
|
|
4.
|
IKLAN, FACEBOOK, AULIA CELLULER SHOP
|
PADA AWALNYA APRILLIA MELIHAT IKLAN DI FACEBOOK DENGAN
NAMA AKUN AULIA CELLULER SHOP
|
INSIDEN
|
5.
|
LAPTOP, SONY VAIO VPCEB16FG, 14INCH, DIJUAL Rp.
3.750.000
|
SEBUAH LAPTOP BERMERK SONY VAIO VPCEB16FG DENGAN LAYAR
BERUKURAN 14 INCH BARU DIJUAL DENGAN HARGA RP.3.750.000
|
|
6.
|
MURAH,SONY VAIO
|
HARGA YANG SANGAT MURAH UNTUK LAPTOP BERMERK SONY VAIO
|
|
7.
|
SUDAH MEMILIKI LAPTOP
|
APRILLIA MENGAKU TIDAK TERTARIK UNTUK MEMBELINYA KARENA
IA SUDAH MEMILIKI LAPTOP
|
|
8.
|
INFORMASI,KAKAK, MEMBUTUHKAN
|
INFORMASI ITUPUN LANGSUNG DITERUSKAN KEPADA KAKAK
APRILLIA YANG KEBETULAN SEDANG MEMBUTUHKAN LAPTOP
|
|
9.
|
ALAMAT, DIBERIKAN,REFERENSI
|
ALAMAT PENJUAL ITUPUN DIBERIKAN KEPADA KAKAK APRILLIA
SEBAGAI REFERENSI
|
|
10.
|
BUKAN HANYA KAKAK NYA,TEMAN,PACAR
|
BUKAN HANYA KAKAK APRILLIA YANG TERTARIK,TETAPI JUGA
TEMAN DAN PACARNYA
|
|
11.
|
MENELPON,TOKO ONLINE,HALAMAN AKUN
|
MENDAPATKAN TANGGAPAN POSITIF MEREKA, APRILLIA MENELPON
TOKO ONLINE TERSEBUT SEPERTI TERTERA DI HALAMAN AKUNNYA
|
|
12.
|
PENERIMA,PENYAMBUT RAMAH,PESANAN,SMS
|
APRILLIA MENGAKU PENERIMA TELPON MENYAMBUT RAMAH, DAN
MEMINTA AGAR MENGIRIM PESANAN DALAM
FORMAT SMS YANG DIMINTA
|
|
13.
|
TERKIRIM,JAWABAN,
TRANSFER,HARGA
|
SETELAH TERKIRIM ADA SMS JAWABAN UNTUK MENTRANSFER
HARGA YANG DIMINTA
|
|
14.
|
CURIGA,TOKO
ONLINE
|
APRILLIA MENGAKU KAKAKNYA SENPAT CURIGA DENGAN TOKO
ONLINE TERSEBUT
|
|
15.
|
MEYAKINKAN,TRANSAKSI,
TOKO ONLINE
|
APRILLIA MEYAKINKANKAN KAKAKNYA BERTANSAKSI DI TOKO
ONLINE MEMANG BIASANYA SEPERTI ITU
|
|
16.
|
UANG,DI TRANSFER,TOKO MEMBERIKAN RESI,ATM
|
SETELAH UANG DITRANSFER PEMILIK TOKO TAK JUGA
MEMBERIKAN NOMOR RESI PENGIRIMAN BARANG,TETAPI MALAH MEMINTA KAKAKNYA PERGI
KE ATM
|
INSIDEN
|
17.
|
BISA,RESI,ATM,INTERNET BANKING
|
SANG PEMILIK TOKO PERKATA BAHWA KAKAK APRILLIA DAPAT MENDAPATKAN
NOMOR RESI JIKA PERGI KE ATM KARENA PEMILIK TOKO MELAKUKAN TRANSAKSI VIA
INTERNET BANKING
|
|
18.
|
CARA,RESI
|
SANG PEMILIK TOKO BERKATA AKAN MEMBERI TAHU CARA
MENDAPATKAN NOMOR RESINYA KETIKA KAKAK APRILLIA SUDAH SAMPAI DISANA
|
|
19.
|
MENOLAK,TAHU,TERCANTUM,
BELANKO,PENGIRIMAN
|
KAKAK APRILLIA KONTAN LANGSUNG MENOLAKNYA KARENA TAHU
NOMOR RESI TERCANCUM DI BLANKO PENGIRIMAN
|
|
20.
|
BERSEDIA,MEMINDAI,MENGUNGGAH
,AKUN FACEBOOK,TAG
|
PEMILIK TOKO PUN AKHIRNYA BERSEDIA MEMINDAI RESI
PENGIRIMAN LALU MENGUNGGAHNYA KE AKUN FACEBOOKNYA DAN MENGETAG KAKAK APRILLIA
|
|
21.
|
SUDAH TEUNGGAH,TERTAG
|
BEBERAPA LAMA KAKAK APRILLIA DI BERI TAHUKAN RESINYA
SUDAH TERUNGGAH DAN TERTAGKAN KEPADANYA
|
|
22.
|
PAKET ORANG LAIN,APPLE IPAD
|
NAMUN PEMILIK TOKO MEMINTA MAAF KEPADA KAKAK APRILLIA
KARENA ADA PAKET ORANG LAIN BERUPA APPLE IPAD NYANGKUT DIPAKETNYA
|
|
23.
|
BUKAN KESALAHAN KAKAK APRILLIA ,
BENAR,MENGIRIM
KEMBALI
|
KAKAK APRILLIA BERKATA ITU BUKAN KESALAHANNYA DAN JIKA
MEMANG BARANG TERSEBUT NYANGKUT DI PAKET SAYA, MAKA IA AKAN MENGIRIMNYA
KEMBALI
|
|
24.
|
DI CEK ,PENYEDIA JASA PENGIRIMAN, TAK ADA
|
SAAT NOMOR RESI DI CEK DI SITUS PENYEDIA JASA
PENGIRIMAN,TERNYATA TAK ADA
|
INSIDEN
|
25.
|
TAK MERASA BERSALAH MENYALAHKAN ATM,TAK BISA TERKIRIM
|
KETIKA DITANYAKAN,SANG PEMILIK TOKO TAK MERASA
BERSALAH,MALAH BERBALIK MENYALAHKAN KAKAK APRILLIA KARENA TAK TAHU KE ATM
SEHINGGA TAK BISA TERKIRIM
|
|
26.
|
MENCOBA,TERKIRIM,BELUM SAMPAI
|
KAKAK APRILLIA PUN MENCOBA BERHARAP TERKIRIM MESKI
BELUM SAMPAI
|
|
27.
|
DITUNGGU,BERHARI-HARI TAK DATANG
|
NAMUN,SETELAH DITUNGGU BERHARI HARI BARANG TAK DATANG
JUGA
|
|
28.
|
KHAWATIR,MENELPON,NOMOR PEMILIK TOKO
|
KAKAK APRILLIA
MULAI KHAWATIR DAN MENELPON NOMOR PEMILIK TOKO
|
|
29.
|
TAH DIANGKAT
|
NAMUN SAMPAI SEKARANG TAK PERNAH LAGI DIANGKAT
|
|
30.
|
PENIPUAN,POLISI
|
MERASA MENJADI KORBAN PENIPUAN,KAKAK APRILLIA BERNIAT
MELAPORKAN TINDAKKAN TERSEBUT KE POLISI
|
|
31.
|
PELAJARAN,FACEBOOK
|
APRILLIA BERHARAP AGAR APA YANG DIALAMINYA MENJADI
PELAJARAN BAGI PENGGUNA FACEBOOK YANG LAIN
|
INTERPRETASI
|
32.
|
SATU DUA ORANG,MELIMPAH
|
MODUS PENIPUAN BUKAN CUMA SATU DUA ORANG SAJA
MELAKUKANNYA, NAMUN SEKARANG SANGAT MELIMPAH
|
|
33.
|
TAK SEMUA,FIKTIF
|
TENTUNYA TAK SEMUA TOKO ONLINE DI FACEBOOK FIKTIF
|
|
34.
|
TOKO ONLINE, TERPERCAYA
|
PINTAR PINTARLAH MENCARI TOKO ONLINE YANG TERPERCAYA
|
|
35.
|
KUCING DALAM
KARUNG,MEMBELI OFFLINE
|
ANDAI TAK MAU MEMBELI KUCING DALAM KARUNG,LANGSUNG BELI
SECARA OFFLINE SAJA
|
WASPADAI BELANJA ONLINE!
Aprillia permata sari adalah seorang kompasianer, anggota jejaring blog kompasiana.selain komasioner, aprillia juga pengguna jejaring facebook.aprillia memiliki seorang kakak dan pacar.
Pada awalnya aprillia melihat iklan di facebook dengan nama akun aulia celluler shop.sebuah laptop bermerk sony vaio vpceb16fg dengan layar berukuran 14 inch baru dijual dengan harga rp.3.750.000.harga yang sangat murah untuk laptop bermerk sony vaio.aprillia mengaku tidak tertarik untuk membelinya karena ia sudah memiliki laptop.informasi itupun langsung diteruskan kepada kakak aprillia yang kebetulan sedang membutuhkan laptop.alamat penjual itupun diberikan kepada kakak aprillia sebagai referensi.bukan hanya kakak aprillia yang tertarik,tetapi juga teman dan pacarnya.mendapatkan tanggapan positif mereka, aprillia menelpon toko online tersebut seperti tertera di halaman akunnya.aprillia mengaku penerima telpon menyambut ramah, dan meminta agar mengirim pesanan dalam format sms yang diminta.Setelah terkirim ada sms jawaban untuk mentransfer harga yang diminta.aprillia mengaku kakaknya senpat curiga dengan toko online tersebut.aprillia meyakinkankan kakaknya bertansaksi di toko online memang biasanya seperti itu.setelah uang ditransfer pemilik toko tak juga memberikan nomor resi pengiriman barang,tetapi malah meminta kakaknya pergi ke atm.Sang pemilik toko perkata bahwa kakak aprillia dapat mendapatkan nomor resi jika pergi ke atm karena pemilik toko melakukan transaksi via internet banking.sang pemilik toko berkata akan memberi tahu cara mendapatkan nomor resinya ketika kakak aprillia sudah sampai disana.kakak aprillia kontan langsung menolaknya karena tahu nomor resi tercancum di blanko pengiriman.pemilik toko pun akhirnya bersedia memindai resi pengiriman lalu mengunggahnya ke akun facebooknya dan mengetag kakak aprillia.beberapa lama kakak aprillia di beri tahukan resinya sudah terunggah dan tertagkan kepadanya.namun pemilik toko meminta maaf kepada kakak aprillia karena ada paket orang lain berupa apple ipad nyangkut dipaketnya.kakak aprillia berkata itu bukan kesalahannya dan jika memang barang tersebut nyangkut di paket saya, maka ia akan mengirimnya kembali.saat nomor resi di cek di situs penyedia jasa pengiriman,ternyata tak ada.ketika ditanyakan,sang pemilik toko tak merasa bersalah,malah berbalik menyalahkan kakak aprillia karena tak tahu ke atm sehingga tak bisa terkirim.kakak aprillia pun mencoba berharap terkirim meski belum sampai.namun,setelah ditunggu berhari hari barang tak datang juga.kakak aprillia mulai khawatir dan menelpon nomor pemilik toko.namun sampai sekarang tak pernah lagi diangkat.merasa menjadi korban penipuan,kakak aprillia berniat melaporkan tindakkan tersebut ke polisi.
Aprillia berharap agar apa yang dialaminya menjadi pelajaran bagi pengguna facebook yang lain.modus penipuan bukan cuma satu dua orang saja melakukannya, namun sekarang sangat melimpah.tentunya tak semua toko online di facebook fiktif.pintar pintarlah mencari toko online yang terpercaya.andai tak mau membeli kucing dalam karung,langsung beli secara offline saja.
========================================================================
tugas proyek bahasa indonesia kelas 9,tugas proyek bahasa indonesia smp,contoh tugas proyek bhs indonesia,tugas proyek bahasa indonesia teks eksemplum,contoh tugas proyek bahasa indonesia,tugas proyek teks eksemplum,contoh teks rekaman percobaan berbasis proyek,contoh tugas proyek bahasa indonesia sma
No comments:
Post a Comment